Tolak Tegas 2.000 WNI ABK Kapal Pesiar Australia! Gubernur Kepri: Kenapa Harus ke Batam?


Senin, 13 April 2020 - 11:15:47 WIB
Tolak Tegas 2.000 WNI ABK Kapal Pesiar Australia! Gubernur Kepri: Kenapa Harus ke Batam? Plt. Gubernur Kepri, Isdianto

TANJUNGPINANG, HARIANHALUAN.COM - Plt Gubernur H Isdianto mengatakan Pemprov Kepri dengan tegas menolak 2.000 anak buah kapal pesiar dari Australia dipulangkan melalui Negeri Segantang Lada ini. Banyak provinsi lain yang lebih dekat dari Australia, dan lebih baik dipulangkan melalui daerah tersebut.

“Kalau kita lihat, pintu keluar dari Austalia lebih dekat dgn NTT dan NTB kenapa harus ke Batam yang wilayahnya jauh ke Utara. Kami tegas menolaknya,” kata Isdianto di Gedung Daerah Tanjungpinang, Ahad (12/4) petang.

Baca Juga : Evakuasi Jenazah Dua Guru Korban Penembakan KKB Berhasil Dilaksanakan

Belum lama ini, ada kapal pesiar dari Australia dengan 2.000 ABK WNI yang meminta untuk masuk ke wilayah Kepri. Isdianto dalam rapat pekan lalu, secara tegas menolak kedatangan ABK kapal itu. Menurut Isdianto, hal ini merupakan bentuk keseriusan Kepri menanagani pandemi Covid-19.

“Kita tak ingin ada yang datang membawa virus tersebut karena pasien yang terpapar covid di Kepri saat ini memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri,” kata Isdianto.

Baca Juga : Sedang Marak! Modus Penipuan Atas Nama Tim Vaksin di WhatsApp

Saat ini, kata Isdianto, Kepri sudah menjadi pintu masuk Tenaga Kerja Indonesia dan Pekerja Migran Indonesia yang dipulangkan dari Malaysia. Sudah lebih dari 40 ribu PMI dan TKI yang kembali dari Malaysia, melalui Batam, Karimun dan Tanjungpinang.

Kepri, kata Isdianto, ingin fokus menangani warganya yang terdampak pandemi Covid-19. Baik mereka yang positif, orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan maupun orang tanpa gejala. Kehadiran 2.000 ABK kapal pesiar itu akan menambah beban Kepri dalam membasmi Covid-19. (*)

Baca Juga : 11 Orang Luka-luka dan 202 Bangunan Rusak Akibat Gempa Malang

Reporter : and | Editor : David Rm Bungsu | Sumber : Haluankepri.co (haluan media group)
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]