Kejati Sumbar Siapkan Sanksi Tegas untuk Penyelewengan Dana Covid-19


Senin, 13 April 2020 - 11:34:23 WIB
Kejati Sumbar Siapkan Sanksi Tegas untuk Penyelewengan Dana Covid-19 Kejati Sumbar, Amran.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumbar akan mengawal dan bertindak tegas jika ditemukan adanya pergeseran dana serta niat tidak baik (mens rea) dalam penyaluran dana stimulus jejaring pengaman sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Pengawalan ini dilakukan di  tingkat pemerintah provinsi ataupun kabupaten dan kota di Sumbar.

Kepala Kejati Sumbar, Amran mengatakan, pengawalan penyaluran dana stimulus jejaring pengaman sosial itu dilakukan sesuai arahan dari Jaksa Agung RI Burhanuddin. Amran menambahkan, pihaknya sudah memberi instruksi kepada seluruh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) se-Sumbar untuk melakukan pengawalan secara ketat di wilayah tugas masing-masing.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Sementara untuk tingkat provinsi, dia menunjuk Asintel Kejati Sumbar dalam kepanitiaan Gugus Tugas untuk langsung melakukan pengawalan agar penggunaan dan peruntukan dana bantuan tepat sasaran untuk penanganan Covid-19. "Kalau diketahui ada pergeseren dana, apalagi kami tahu ada mens rea atau niat tidak baiknya untuk melakukan penyimpangan, akan kami tindak tegas dan akan kami jerat dengan hukuman maksimal," katanya.

Dia menyatakan, tindakan tegas yang akan dilakukan jajaran Kejati Sumbar dengan menjerat oknum dengan Undang-undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan hukuman maksimal. "Jika melakukan tindak pidana korupsi saat sedang ada musibah seperti ini, bukan lagi hukuman biasa, bisa-bisa hukuman berat dan maksimal," ujarnya.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Amran mengingatkan agar jangan sampai ada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota, yang bermain-main dengan penyaluran dana bantuan untuk masyarakat yang sedang menghadapi wabah pandemi Covid-19. "Jangan ada yang bermain-main dan mencari keuntungan memanfaatkan dana penanganan Covid-19 ini, harus tepat sasaran dan berguna untuk masyarakat," tegasnya. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : istimewa
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]