Cegah Penyebaran Covid-19, Wabup Pasaman Ajak Pemilik Warung Patuhi Protokol Kesehatan


Senin, 13 April 2020 - 12:59:27 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Wabup Pasaman Ajak Pemilik Warung Patuhi Protokol Kesehatan Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19), Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama meminta pemilik warung kopi, kafe dan tempat makan lainnya mematuhi protokol kesehatan tentang pencegahan Covid-19. 

"Untuk mencegah penyebaran virus corona, pemilik warung hendaknya tidak melayani lagi makan dan minum di tempat. Hanya melayani pesanan bawa pulang atau pesan antar," ucap Atos Pratama, saat dihubungi, Senin (13/4).

Baca Juga : Dorong Generasi Muda untuk Optimis Finansial, PermataBank Serukan #CantStopME dengan PermataME

Para pemilik warung, kata dia, juga harus menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan usaha dengan melakukan disinfektan, menerapkan kebijakan social dan physical distancing terhadap para pembeli. 

"Ingat, untuk mencegah penularan pengunjung juga harus memakai masker. Ini sebagai upaya pencegahan dini dan antisipasi meluasnya penyebaran virus Corona (COVID-19)," katanya. 

Baca Juga : Hari Ketiga Puasa, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Raya Padang Stabil

Menurutnya, dengan banyaknya orang berkumpul seperti di warkop dan kafe, serta tempat makan dikhawatirkan akan berisiko terhadap penyebaran virus corona. Namun, pemerintah daerah tetap harus menjaga laju pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Tempat-tempat keramaian dan sarana umum diminta untuk dihindari demi mencegah penyebarannya. Tetap stay at home saja. Anak sekolah dan ASN harus belajar dan bekerja dari rumah," ujarnya. 

Baca Juga : Impor Kurma Melejit hingga Rp239,4 Miliar untuk Kebutuhan Ramadan

Sementara Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya menambahkan, disamping menjaga laju pertumbuhan ekonomi, bahaya penyebaran virus corona juga harus menjadi perhatian serius oleh masyarakat. 

"Kalau warga masih berkerumun alias nongkrong di warung, risiko penyebaran Covid-19 ini sangat rentan terjadi. Namun, di satu sisi pemilik warung juga butuh pemasukan," katanya. 

Baca Juga : Nasabah Asuransi Ramai-ramai Ngadu ke OJK Gegara Empat Hal Ini

Pihaknya pun menganjurkan, pemilik warung agar mengutamakan pembelian dengan cara dibungkus (take away) dan mengatur jarak amak bagi pembeli yang makan ditempat. Selain itu, menyediakan tempat cuci tangan atau cairan antiseptik. 

"Nanti disampaikan agar beli bungkus saja, dan kalau makan harus jaga jarak," katanya. 

Ia berharap masyarakat Kabupaten Pasaman dapat mematuhi semua imbauan pemerintah. Upaya tersebut harus dilakukan guna menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah itu. 

"Semuanya juga harus mematuhi larangan-larangan yang tidak diperbolehkan selama masa penanganan dan pencegahan virus corona," kata AKBP Hendri Yahya. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]