Bosan di Rumah? Latihan Jadi Astronaut Bareng NASA Aja Yuk...


Senin, 13 April 2020 - 14:22:18 WIB
Bosan di Rumah? Latihan Jadi Astronaut Bareng NASA Aja Yuk... Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Siapa yang sekarang ini bermimpi untuk pindah ke luar angkasa? Apalagi saat ini kita harus terkurung di rumah dan dikelilingi berita mengkhawatirkan.

NASA dan ISS National Lab siap membantu menjelajahi luar angkasa dari rumah masing-masing. Mereka baru saja memperkenalkan sejumlah program untuk anak-anak yang terkurung di rumah termasuk latihan menjadi astronaut, meluncurkan roket dan lain-lain.

Baca Juga : Ini Cara Sembunyikan Status WhatsApp agar Tidak Bisa Dilihat Orang yang Tidak Diinginkan

Dikutip detikINET dari Science Alert, Senin (13/4/2020) anak-anak bisa mengikuti jejak para astronaut dengan aktivitas terkait mata pelajaran sains seperti kesehatan, matematika, robotik dan fisika. Pelatihan ini juga dilengkapi panduan spesifik untuk anak-anak dari bangku TK hingga SMA.

Anak-anak yang mengikuti program ini bisa meniru eksperimen yang dilakukan astronaut di International Space Station (ISS) dan membandingkan hasilnya. Misalnya mengamati gravitasi mikro dengan material sederhana untuk mendemonstrasikan bagaimana astronaut melayang di angkasa.

Baca Juga : GoPlay Fokus Kembangkan Live Stream Platform Tahun Ini

Anak-anak juga bisa berkontribusi dengan eksperimen sains yang ada, seperti mencari planet dan bintang kerdil baru, melacak populasi penguin menggunakan data satelit dan melatih komputer untuk berpikir seperti ilmuwan untuk misi ke Mars di masa depan.

Hingga 22 April, anak-anak bisa memilih tumbuhan apa yang akan ditanam di ISS selanjutnya. Anak-anak bisa memilih di antara tiga legume, alfalfa, kacang hijau atau lentil, dan membantu ilmuwan menentukan mana yang paling cocok untuk ditanam di ISS.

Baca Juga : Begini Cara Mudah Agar WhatsApp Anda Tidak Bisa Dibajak

Nantinya bibit tanaman ini akan dibawa oleh roket SpaceX untuk misi pengiriman kargo ke ISS pada Oktober mendatang.

Dalam menciptakan serangkaian aktivitas ini, NASA, ISS National Lab dan mitranya berharap bisa menginspirasi anak muda di tengah waktu yang sulit ini.

Baca Juga : Hati-hati Akun Anda Dicuri, Waspadai Pesan Teks WhatsApp Berikut Ini

"Kami tahu banyak murid yang belajar di rumah saat ini, dan aktivitas hands-on sangat penting untuk menjaga murid-murid tetap terlibat dan belajar," kata ISS National Lab dalam keterangannya.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]