Ketua DPRD Minta Pemprov Transparan dengan Sebaran Data Covid-19


Senin, 13 April 2020 - 17:08:28 WIB
Ketua DPRD Minta Pemprov Transparan dengan Sebaran Data Covid-19 Supardi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Sumbar Supardi, meminta pemerintah provinsi (Pemprov) Sumbar transparan dengan data sebaran kasus positif Covid-19 yang ada di Sumbar. Ditegaskan Supardi, Pemprov harus transparan terkait sebaran kasus Covid-19 agar masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan dalam melindungi diri, dan tidak menganggap remeh terhadap virus yang telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO ini.

"Jangan ditutup-tutupi karena ini menyangkut keselamatan orang banyak. Kemudian data di kabupaten/kota harus conet dengan gugus di provinsi. Dengan demikian informasi yang diterima masyarakat bisa satu pintu," katanya belum lama ini di Padang.

Politisi Gerindra ini menambahkan, selain data sebaran kasus, transparansi juga harus dikedepankan oleh satuan gugus tugas Covid-19 yang ada di daerah dalam upaya penanganan dan mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan Cina ini. Menurit saat gugus tugas bekerja dengan transparan, kendala yang ditemui di lapangan akan bisa dicari jalan keluarnya secara bersama.

Lebih jauh, sebagai kader Partai Gerindra yang merupakan partai pemenang pada Pileg 2019 lalu, Supardi mengingatkan kepada rekan-rekannya sesama kader Gerindra yang sekarang menjabat sebagai pimpinan DPRD di daerah, untuk pro aktif memberi masukan kepada bupati/walikota agar mengambil kebijakan yang, cepat, tepat, dan segera mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Kami di DPRD provinsi telah mendesak gubernur mengalokasikan dana untuk rumah sakit rujukan dan keperluan lain yang dibutuhkan untuk Covid-19. DPRD kabupaten/kota hendaknya juga melakukan hal yang sama, desak kepala daerahnya alokasikan dana untuk masalah ini," tukasnya.

Ditambahkannya, bukan cuma penganggaran saja yang penting, pengawasan pada orang keluar dan masuk Sumatera Barat juga harus diperketat, untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

”Penyebarannya sangat cepat, namun bisa ditangkal jika kita waspada dan mau mengikuti protokol kesehatan. Begitu juga Pemprov Sumbar, harus tegas dalam mengantisipasi semua ini, termasuk dalam mengawasi keluar masuknya orang. Ini bukan lagi dalam situasi normal, tapi sudah masuk situasi luar biasa,” tambahnya.

Sebagai wujud pengawasan di pintu-pintu masuk Sumbar, politisi Gerindra ini menekankan, pendataan agar dilakukan dengan benar dan lengkap oleh petugas di perbatasan, selanjutnya data tersebut dikoneksikan dengan pemerintah kabupaten/kota yang menjadi daerah tujuan pendatang, dengan demikian pengawasan terhadap mereka yang datang dari luar untuk bisa melakukan karatina mandiri akan bisa optimal hingga tingkat kabupaten/kota.

Supardi juga meminta seluruh elemen masyarakat membangun komitmen bersama dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Pemerintah telah mengeluarkan aturan-aturan yang tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Ia meminta masyarakat mengikuti anjuran pemerintah tentang social distancing, menjaga jarak antar orang, menghindari keramaian dan mengurangi aktivitas di luar rumah. (*)

Reporter : Leni Marlina /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]