Hand Sanitizer Langka, Politeknik ATI Padang Bagikan Cara Membuatnya


Senin, 13 April 2020 - 18:10:03 WIB
Hand Sanitizer Langka, Politeknik ATI Padang Bagikan Cara Membuatnya Direktur Politeknik ATI Padang Ester Edward bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat berkunjung ke salah satu laboratorium yang ada di kampus tersebut beberapa waktu lalu. Foto: Milna

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sejak meluasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, tak terkecuali di Kota Padang, Provinsi Sumbar, stok hand sanitizer kian langka dipasaran. Inilah yang mendorong Politeknik ATI Padang berinisiatif memproduksi hand sanitizer, serta disinfektan dengan skala yang lumayan besar.

Tak hanya hand sanitizer dan disinfektan, Politeknik ATI Padang juga membuat bilik disinfektan (desinfectant chamber). Hal ini terungkap saat melansir Instagram resmi Politeknik ATI Padang, @poltekatipdg, Senin (13/4/2020).

Dalam video yang diunggah Politeknik ATI Padang, juga dibagikan tata cara pembuatan hand sanitizer. Adapun alat dan bahan bakunya sebagai berikut:

1. Alat yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer

- Gelas ukur 50 ml dan 1000 ml
- Beakor glass 500 ml
- Gelas ukur 25 ml
- Batang pengaduk
- Botol kaca

2. Bahan baku

- Etanol 96%
- Gliserol 98%
- Hidrogen peroksida 3%
- Aquades

3. Cara membuatnya

- Masukkan alkohol kegelas piala
- Tambahkan hidrogen peroksida 3%
- Tambahkan gliserol sebanyak 14 ml
- Tambahkan essen secukupnya
- Tambahkan aquades sampai volume 1 liter
- Lalu aduk sampai homogen
- Simpan larutan kedalam botol

Sementara untuk pembuatan bilik disinfektan dirancang oleh dosen dan teknisi Politeknik ATI Padang. Bilik disinfektan ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan di rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 dan yang berisiko terpapar virus.

Desinfectant chamber dibuat mandiri oleh dosen dan teknisi kampus Politeknik ATI Padang menggunakan laboratorium Teknik Industri Agro. Sementara, simulasi penggunaan bilik disinfektan di Teaching Factory.

Selain itu juga menggunakan sensor otomatis yang didesain Teaching Factory Kampus, alat ini mampu bekerja dengan baik.

Terakhir dalam cuplikan video tersebut, Politeknik ATI Padang juga ikut berkontribusi dalam memberikan hand sanitizer kepada masyarakat sekitar dan puskesmas. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]