Ahli Sebut Orang dengan Obesitas Lebih Rentan Terpapar Corona


Senin, 13 April 2020 - 19:42:31 WIB
Ahli Sebut Orang dengan Obesitas Lebih Rentan Terpapar Corona Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas. Foto: Pixabay/ cocoparisienne

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah pasien positif virus corona atau COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Meningkatnya jumlah pasien positif corona membuat masyarakat waspada, termasuk mereka yang memiliki anggota keluarga dengan penyakit bawaan seperti diabetes, jantung, PPOK, hipertensi, gagal ginjal dan sebagainya.

Selain itu, masyarakat dengan usia lanjut juga rentan terinfeksi virus ini, lantaran memiliki imunitas yang rendah dibandingkan orang dewasa muda. 

Namun, tidak hanya itu. Ternyata orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas juga lebih berisiko terhadap virus ini. Hal ini diungkapkan oleh kepala ahli epidemiologi Prancis, Rabu lalu. 

Dilansir dari laman Reuters, Senin (13/4/2030), Ahli Epidemiologi di Prancis, Profesor Jean-François Delfraissy, mengatakan bahwa sebanyak 17 juta dari 67 juta warga Prancis berisiko terinfeksi virus corona karena usia, penyakit yang sudah ada sebelumnya atau obesitas.

“Virus ini mengerikan, bisa menyerang anak muda, khususnya anak muda yang obesitas. Mereka yang kelebihan berat badan perlu berhati-hati. Itulah sebabnya kita khawatir dengan orang-orang di Amerika, karena obesitas menjadi salah satu masalah yang besar di sana," kata Delfraissy.

Delfraissy mengatakan tingkat kematian generasi muda akibat virus corona sebesar 2 persen. Namun, angka kematian bisa mencapai 14 persen jika mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Lalu, mengapa orang dengan obesitas rentan terinfeksi COVID-19? Dilansir dari laman Aljazeerah, orang dengan obesitas memiliki efek yang buruk pada kesehatan, salah satunya gangguan fungsi kekebalan tubuh pada sel limfoid dan neutrofil. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]