Ingin Mendapatkan Informasi Bermanfaat tentang Corona? Begini Caranya


Senin, 13 April 2020 - 21:31:40 WIB
Ingin Mendapatkan Informasi Bermanfaat tentang Corona? Begini Caranya Ini Cara Maksimalkan Informasi Bermanfaat Tentang COVID-19 (Foto: Reuters)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat perlu bisa mengakses informasi kesehatan online yang bisa dipercaya agar bisa mengambil keputusan yang benar untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar mereka dari COVID-19.

"Sejak dari awal penyebaran virus ini, fokus kami di Google adalah memastikan orang-orang memiliki informasi dan sarana yang mereka perlukan untuk tetap mendapatkan informasi dan terhubung saat ini. Namun kami tahu bahwa masih ada banyak hal yang harus dilakukan," kata Google seperti dikutip dari detik.com, Senin (13/4/2020).

Apa saja yang bisa kamu lakukan? Berikut di antaranya.

Gunakan penelusuran informasi yang kredibel

Google secara global, selain menampilkan informasi dan imbauan tentang kesehatan terbaru dari lembaga-lembaga kesehatan internasional di Google Search, Maps, dan YouTube, mereka juga meningkatkan upaya untuk meredam penyebaran misinformasi di platformnya.

Di Indonesia, Google membantu masyarakat untuk menemukan rumah sakit dan tempat tes rujukkan terdekat yang sesuai dengan rekomendasi Kemenkes RI dan BNPB.

Sekarang, kalau kamu menelusuri pencarian 'coronavirus tes dekat saya', 'tes virus corona dekat saya' atau 'tes covid 19 dekat saya' di Google Search atau Maps, Google akan menunjukkan lokasi yang paling dekat.

Rumah sakit dan tempat tes yang direkomendasikan oleh pemerintah akan ditandai label 'Pusat tes COVID-19' di bawah namanya. Google juga mengaktifkan notifikasi pengingat bagi orang-orang untuk memverifikasi informasi dengan menghubungi hotline 119 sebelum mendatangi tempat tes.

Selain itu, Google juga menyediakan berita terbaru dan link ke informasi resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Peringatan SOS di Google Search.

Peringatan ini akan muncul untuk pencarian seputar 'COVID-19' atau 'virus corona' yang juga menampilkan informasi seputar gejala dan pencegahan virus corona serta perawatannya dari WHO.

Untuk pencarian seputar 'tips coronavirus' dan 'tips COVID-19' akan menampilkan kampanye kesadaran kebersihan diri seperti 'Lakukan 5 Hal'.

Tak melulu berbentuk informasi serius, di Asisten Google, kamu bisa mengucapkan 'lagu cuci tangan' untuk mendapatkan pilihan lagu yang bisa menghibur saat mencuci tangan. Semua fitur ini tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Manfaatkan Galeri 'Berita COVID-19' di YouTube

Kalau kamu perhatikan, selama masa pandemi, YouTube menonjolkan sumber-sumber yang kredibel di beranda, penelusuran, dan sistem rekomendasi. Selain itu, di video yang terkait dengan COVID-19, akan ditampilkan panel informasi yang tertaut ke sumber kredibel lokal yang relevan seperti Kemenkes RI.

Panel informasi dan banner ditampilkan di semua penelusuran di YouTube terkait COVID-19 di 28 negara termasuk Indonesia. Untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terbaru dari sumber yang kredibel, YouTube juga meluncurkan Galeri 'Berita COVID-19' di beranda YouTube yang bisa kamu manfaatkan.

Google juga ingin memastikan kamu tidak merasa terisolasi saat berada di rumah selama masa pandemi. Untuk menemani hari-hari kamu selama masa pandemi, Google mempromosikan berapa kreator dan channel 'Sama Saya' di Rumah Aja (#SamaSaya #DiRumahAja) di channel YouTube Indonesia (youtube.com/ytindonesia).

Disebutkan Google, inisiatif ini memanfaatkan melonjaknya popularitas konten partisipatif dan interaktif di YouTube. Rata-rata Upload video harian global yang judulnya berisi frasa 'At Home' naik lebih dari 50% selama 10-15 Maret dibandingkan dengan upload harian rata-rata di 2020 sebelum 3 Oktober 2019.

Di Indonesia, waktu tonton video yang berkaitan dengan 'sama saya"'(#SamaSaya) naik sebesar lebih dari 180% di paruh pertama 2019. Orang-orang senang mencari konten memasak, fitness, belajar, bersih-bersih, dan lain-lain.

Kamu bisa ikutan mulai dari 'Masak Sama Saya'. 'Mabar Sama Saya', 'Bersih-Bersih Sama Saya', hingga 'Belajar Sama Saya' dan playlist lainnya.

Atau malah, mungkin ini waktu yang tepat buat kamu jadi kreator kontennya. Kamu bisa membuat video untuk membantu orang-orang belajar, terhubung, dan terhibur. Kenapa tidak?. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]