Keluarga Besar Banuhampu di Kota Bandung Serahkan APD untuk RSAM


Senin, 13 April 2020 - 21:52:06 WIB
Keluarga Besar Banuhampu di Kota Bandung Serahkan APD untuk RSAM dr David, mewakili Keluarga Besar Banuhampu di Kota Bandung, menyerahakan bantuan APD kepada Direktur RSAM Khairul, Senin (13/4). Foto: Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Covid-19 di Sumbar, mendapat perhatian dari Keluarga Besar Banuhampu Kabupaten Agam di Kota Bandung, terutama bagi tenaga medis yang menangani pasien yang terindikasi terjangkit gejala Covid-19.

Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian mereka dalam pengendalian dan penanganan Covid-19 di Sumbar, khususnya di Kota Bukittinggi, Keluarga Besar Banuhampu di Kota Bandung menyerahkan bantuan 155 Alat Pelindung Diri (APD) untuk Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumbar, Senin (13/4/2020).

Bantuan APD itu diserahkan oleh dr David, mewakili Keluarga Besar Banuhampu di Kota Bandung, dan diterima langsung oleh Direktur RSAM Khairul Said.

“Mewakili Keluarga Besar Banuhampu di Kota Bandung, kita serahkan bantuan APD untuk tenaga medis RSAM Bukittinggi,” ujar David kepada Harianhaluan.com, usai penyerahan APD tersebut.

Ia mengatakan, APD yang diserahkan itu merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh Keluarga Besar Banuhampu di Bandung. Dana yang terkumpul itu kemudian dibelikan APD hazmat sesuai standar kesehatan. untuk membantu tenaga medis RSAM dalam menangani pasien pandemi corona.

“Untuk tahap pertama ini, diserahkan 155 APD dalam bentuk baju hazmat. Insyaalah penggalangan dana oleh Keluaraga Besar Banuhampu di Kota Bandung masih akan tetap dilaksanakan. Sandainya APD di RSAM sudah menvukupi, maka bantuan akan merambah ke Puskesmas maupun tenaga kesehatan lainnya yang membutuhkan APD,” kata David, yang juga selaku Kepala Bidang Pelayanan Medis di RSAM Bukittinggi.

Menurutnya, selama wabah Covid 19 masih terjadi, maka APD sangat butuhkan oleh tenaga kesehatan dan para medis. Oleh karena itu, keluarga besar Banuhampu di Kota Bandung merasa peduli terhadap tenaga medis yang saat ini terus berjuang dalam menangani pasien yang terindikasi terjangkit gejala Covid-19.

Untuk penanganan yang lainnya ungkap David, nantinya keluarga besar Banuhampu yang ada diperantauan, baik itu di Jakarta, Bandung, dan kota- kota besar lainnya, juga akan mengalang dana untuk membantu masyarakat yang ekonominya terdampak akibat Covid-19, seperti memberikan bantuan sembako dan sebagainya.

“Ini semua dilakukan sebagai bentuk kepedulian Keluarga Besar Banuhampu diperantauan terhadap penanganan Covid-19 di kampung halaman. Kita menyadari, bahawa Penanganan covid -19 ini tidak hanya bisa diserahkan kepada pemerintah dan tenaga kesehatan sajat, tapi semua lini harus terlibat dalam penanganan dan penanggulangan Covid -19 ini,” tukas David. (*)

Reporter : Rudi Gatot | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]