Waspada! 3 Titik di Sijunjung Longsor Akibat Hujan Lebat


Selasa, 14 April 2020 - 08:54:52 WIB
Waspada! 3 Titik di Sijunjung Longsor Akibat Hujan Lebat PETUGAS Kepolsian Sektor kamang baru bersama TNI, petugas BPBD dibantu warga setempat membersihkan material pohon tumbang yang menimpa bahu jalan, akibat hujan yang tejadi dari Senin malam hingga Selasa (14/4) di Kenagarian Kunpa, Kecamatan Kamang Baru.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang mengguyur Kabuapaten Sijunjung dan sekitarnya pada Senin (13/4/) malam hinga Selasa (14/4) pagi mengakibatkan longsor di beberapa titik yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan di Jorong Batang Talang Kenagarian Muaro Takuang Kecamatan Kamang Baru.

Dari infotmasi yang diperoleh, bencana alam longsor terjadi ditiga titik sepanjang jalan Lintas Sumatera Kiliran Jao menuju Teluk Kuantan Provinsi Riau, dimana material longsor menimpa badan jalan dan juga pohon yang tumbang yang menimpa badan jalan sehingga menghambat arus lalulintas dari Teluk Kuantan ke Kiliran jao maupun sebaliknya.

Selain banjjir dan pohon tumbang akibat hujan deras tersebut, banjir juga terjadi di Jalan Lintas Kiliran Jao-Teluk Kuantan KM 4 Jorong Sungai Tambang II Kenagarian Kunangan parit rantang Kecamatan kamang dikarenakan meluapnya batang Sungai Tambang, sehingga menggenangi jalan, namun arus lalu lintas masih aman, lancar dan terkendali.

Pihak Kepolisian bersama warga dan BPBD Sijunjung yang mendapatkan laporan tersebut, langsung turun ke lokasi bahu membahu untuk membersihkan pohon yang tumbang serta menghambat arus lalulintas, serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mendatangkan alat berat guna membersihkan material longsor dari bahu jalan.

Informasi yang diperoleh juga, longsor terjadi di Kenagarian Siaur Kecamatan Kamang baru, sehingga arus lalulintas dari Sijunjung menuju Kabupaten Dharmasraya menjadi macet.

Plt Kepala BPBD Sijunjung Hendri Chaniago yang dikonfirmasi terkait bencana alam tersebut mengaku sudah menerjunkan personilnya ke beberapa lokasi yang terjadi bencana alam tersebut.

“Untuk alat berat, pihak kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait sepeti PU untuk menerjunkan alat berat ke lokasi longsor gua membersihkan material longsor dari bahu jalan sehingga arus lalulitas bisa kembali lancar, sementara itu koban jiwa akibat kejadian tesebut saat ini dilapokan nihil,” ujarnya. (h/ogi)

 

Reporter : Ogi Gunandar /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]