Lama Terhenti, UPTD IKM Produksi Tenun Muarokalaban Segera Aktif Kembali


Selasa, 14 April 2020 - 15:37:46 WIB
Lama Terhenti, UPTD IKM Produksi Tenun Muarokalaban Segera Aktif Kembali Peninjauan UPTD IKM Produksi renun modern di Muarokalaban oleh Wako Deri Asta yang juga didampingi anggota DPRD Sawahlunto. Ist

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Industri Kecil Menengah (IKM) produksi kain tenun modern milik Pemko Sawahlunto akan kembali diaktifkan. Sempat berhenti beroperasi beberapa tahun lalu, UPTD yang berada di Desa Muarokalaban, Kecamatan Silungkang itu segera berjalan kembali dengan mengupayakan perbaikan dan solusi dari tingginya biaya produksi yang mengakibatkan UPTD ini vakum.

"Kita instruksikan dinas Koperindag agar segera memperbaiki mesin untuk finishing yang saat ini dalam keadaan rusak. Sedangkan untuk pemasaran produk kita berencana akan bekerjasama dengan PT. Asiaco Batamindo," ujar Walikota Sawahlunto, Deri Asta usai meninjau kondisi terkini UPTD Produksi tenun modern di Desa Muarokalaban kemarin.

Baca Juga : Menteri PPN Tebar Ikan Endemik di Danau Maninjau

Deri menyebutkan, jika perbaikan mesin tenun modern sudah rampung, selanjutnya akan dilakukan kajian menyangkut pembiayaan dan teknis produksi. Harapannya, kata Deri, besaran potensi manfaat yang bisa didapat saat UPTD ini kembali aktif. "Yang jelas akan menyerap tenagakerja, mengurangi pengangguran yang ada," katanya.

Kepala Dinas Koperindag Sawahlunto, Marwan mengatakan mesin -mesin yang ada di UPTD IKM ini merupakan mesin untuk produksi kain tenun, mulai dari pencelupan sampai pengerjaan akhir. Namun, sebut Marwan, beberapa tahun ini terhenti akibat rusaknya mesin finishing dan juga tingginya biaya produksi. (*)

Baca Juga : Bupati Agam Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2021 dari Gubernur Sumbar

Reporter : Riki Yuherman | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]