Ditinggal karena Pandemi Corona, Rumah Warga Asing di Padang Disatroni Maling


Selasa, 14 April 2020 - 18:47:36 WIB
Ditinggal karena Pandemi Corona, Rumah Warga Asing di Padang Disatroni Maling Kapolsek Nanggalo AKP Ridwan menggelar jumpa pers tentang penangkapan komplotan pencuri rumah WNA yang ditinggal karena corona.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Komplotan tersangka pencurian yang beraksi di rumah seorang warga negara asing (WNA) asal Australia di Jalan Air Manis RT 01 RW 01, Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan pada 10 April 2020 lalu berhasil diringkus polisi. Tiga dari lima tersangka diamankan jajaran Opsnal Polsek Padang Selatan, Selasa (14/4/2020) sekitar pukul 10.30 WIB. 

Aksi yang dilakukan oleh para tersangka ini dilakukan di rumah milik WNA asal Australia yang ditinggalkan pulang ke negara asalnya karena takut adanya pandemi Covid-19. Kejadian tersebut diketahui pertama kali oleh penjaga rumah yang merasa curiga karena satu persatu barang elektronik yang ada di dalam rumah majikannya tersebut telah hilang.

Korban pun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Padang Selatan dengan laporan polisi Nomor LP: 69/B/IV/2020/sek selatan tanggal 10 April 2020. Setelah melakukan penyelidikan, tiga tersangka ini akhirnya berhasil ditangkap, sementara dua orang pelaku masih dalam pengejaran unit Opsnal Polsek Padang Selatan. 

Kapolsek Padang Selatan, AKP Ridwan mengatakan, personel yang melakukan penangkapan di lapangan sempat dikepung oleh warga. Namun, setelah diberitahu, warga pun mengurungkan niatnya. Ketiga tersangka yakni, Naldo (22), Iqbal Septiadi (24) dan Zami (27) yang merupakan warga Jalan Air Manis, Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan ditangkap sedang tidur di rumahnya 

"Berdasarkan hasil penyelidikan dan informasi dari masyarakat, tim Opsnal mengetahui keberadaan salah seorang tersangka bernama Naldo yang sedang berada di rumahnya. Anggota langsung bergerak dan mendapati Naldo tengah tertidur di ruang tamu. Sehingga, langsung melakukan penangkapan tanpa perlawanan," ujarnya. 

Setelah berhasil mengamankan Naldo, anggota Opsnal Polsek Padang Selatan melakukan pengembangan untuk mencari tersangka lain yang diketahui tinggal berdekatan dengan Naldo. Keduanya yakni, Iqbal dan Zami pun diciduk. Namun, saat petugas melakukan penelusuran di lokasi, dua tersangka lainnya berhasil melarikan diri. 

"Ketiga tersangka langsung kita amankan berikut barang bukti dua unit TV LED merk LG 32 Inchi, dua unit Stick PS dan dua unit DVD Merk LG yang telah dibawa ke Mapolsek Padang Selatan," ungkap mantan Kapolsek Nanggalo tersebut.

Atas kejadian tersebut, AKP Ridwan mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat meninggalkan rumah. Pastikan dikunci dengan aman, jika perlu berikan kunci ganda serta berkoordinasi dengan tetangga. "Kami juga terus melakukan patroli demi menjaga kenyamanan masyarakat, apalagi di tengah pandemi Covid-19 serta menjalankan instruksi pemerintah dalam membatasi jam malam bagi masyarakat," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]