Komisi II DPR Setujui Usulan Pemerintah Pilkada Dilaksanakan 9 Desember 2020


Selasa, 14 April 2020 - 21:23:39 WIB
Komisi II DPR Setujui Usulan Pemerintah Pilkada Dilaksanakan 9 Desember 2020 Guspardi Gaus

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Usulan pemerintah menunda pelaksanaan Pilkada serentak menjadi 9 Desember 2020 mendapat persetujuan dari Komisi II DPR RI. Hal ini terungkap saat rapat kerja Komisi II yang digelar secara fisik dan virtual dengan Kemendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP, Selasa (14/4). 

Secara fisik saat rapat kerja tersebut hadir Ketua Komisi II, Ahmad Doly Kurnia, Wakil Ketua Komisi II, Yaqut Cholil Qoumas, dan anggota Komisi II, Guspardi Gaus, Mardani Ali Sera, Wahyu Sanjaya, Junimart Girsang, dan Zulfikar Arse Sadikin, sedangkan dari mitra kerja ada, Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP yang mengikuti secara virtual.

Dalam rapat kerja ini, Mendagri Tito Karnavian menjelaskan tentang kondisi terkini tentang perkembangan Covid-19 dan antisipasinya dalam hal penundaan pelaksanaan Pilkada serentak.

Anggota Komisi II dari Fraksi PAN, Gusprdi Gaus dalam tanggapannya meminta Mendagri mempunyai solusi dan sikap dengan apa yang terjadi saat ini. Beliau meminta agar Kemendagri dapat memberikan usulan kepada Komisi II mengenai jadwal penundaan pilkada serentak. Ditegaskan Guspardi, waktu pelaksanaannya harus menyesuaikan dengan situasi covid-19 yang tengah merebak di negeri tercinta ini. Komisi II nantinya akan mengkritisi dan melakukan penajaman terhadap saran, pendapat, dan usulan dari Mendagri tersebut.

Politisi PAN ini menambahkan, KPU telah memberikan simulasi dengan tiga opsi waktu penundaan Pilkada serentak yaitu bulan Desember 2020, Bulan Maret 2021, bulan September 2021

Menanggapi ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pihaknya berada dalam opsi optimisme melakukan Pilkada 2020 pada tahun yang sama. Akan tetapi, kata dia, tidak ada satu negara pun yang dilanda virus Corona, termasuk Indonesia, tidak bisa dipastikan kapan vaksin ditemukan dan pandemi global ini berakhir.

"Kita tetap pada opsi optimis dilaksanakan pada akhir tahun 2020. Artinya, sesuai usulan dari KPU, Desember 2020," kata Tito.

Guspardi  menegaskan, Komisi II menyetujui usulan pemerintah terhadap penundaan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak tahun 2020 menjadi tanggal 9 Desember 2020. 

Sebelum dimulainya pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak tahun 2020, Komisi II DPR RI bersama Mendagri dan KPU RI akan melaksanakan rapat kerja setelah masa tanggap darurat berakhir untuk membahas kondisi terakhir perkembangan penangan pandemi COVID-19, sekaligus memperhatikan kesiapan pelaksanaan tahapan lanjutan Pilkada Serentak tahun 2020. (h/len)

Reporter : Leni Marlina | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]