Demi Ketahanan Pangan, Pemnag di Padang Pariaman Diminta Bentuk Lumbung Nagari


Selasa, 14 April 2020 - 22:52:33 WIB
Demi Ketahanan Pangan, Pemnag di Padang Pariaman Diminta Bentuk Lumbung Nagari Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur ketika meninjau huller di Kecamatan Ulakan Tapakis.

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur meminta pemerintah nagari membentuk lumbung pangan nagari, sehingga ketersediaan pangan atau beras lebih terjamin.

"Dalam pembentukan lumbung pangan nagari, bisa dari alokasi dana nagari dalam bentuk subsidi," kata wakil bupati itu, usai meninjau sejumlah rice milling di daerah setempat, Selasa (14/4-2020).

Dari hasil peninjauan itu, ada produksi huller atau rice milling yang menurun. Seperti pada huller milik Madin di Lubuk Alung, produksinya saat ini lagi menurun dari 5 ton menjadi 3 ton/hari.

Di antara sebab penurunan produksi itu, karena beras bantuan sudah berdatangan, jadi untuk sementara belum menggiling padi untuk dijadikan beras.

Pada kunjungan ke huller Al, wakil bupati itupun berdialog dengan pemilik huller di kecamatan Batang Anai itu. Huller ini hanya menyediakan jasa penggilingan padi milik petani saja dan sekarang penggilingan padi untuk menjadi beras sedang banyak.

Kalau pada huller milik Hendri di Kecamatan Ulakan Tapakis, dari hasil perbincangan wakil bupati dengan pemilik huller tersebut, produksinya per hari 3,5 ton beras. Langganannya ada pula dari Payakumbuh termasuk pasar Pariaman, namun dalam sebulan ini juga terjadi penurunan pesanan akan beras.

Dari kunjungan tersebut rata-rata huller menjual produksi berasnya dengan harga Rp11.000-Rp11.500/kg tergantung varietas padinya.

Suhatri Bur mengingatkan, dengan kondisi pandemi covid 19, ketahanan pangan nagari harus kuat.(*)

Reporter : Trisnaldi | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]