Mantan Bupati Pasaman Benny Utama Sambangi Warga Terdampak Banjir di Cubadak


Selasa, 14 April 2020 - 23:57:09 WIB
Mantan Bupati Pasaman Benny Utama Sambangi Warga Terdampak Banjir di Cubadak Pakai sandal jepit, anggota DPRD Provinsi Sumbar, H Benny Utama, SH, MM mengunjungi lokasi bencana banjir di Pasar Cubadak, Duokoto.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Benny Utama, mengunjungi warga terdampak bencana banjir di Nagari Cubadak, Kecamatan Duakoto, di tengah pandemi virus corona (Covid-19) melanda Kabupaten Pasaman, Selasa (14/4).

Puluhan rumah termasuk toko dan pasar di Cubadak, sempat terendam banjir setelah diguyur hujan selama lima jam lebih, Selasa dini hari. Ketinggian air sempat mencapai sekitar 1 meter.  

Menurut Benny Utama, banjir yang melanda kawasan itu hingga merendam rumah-rumah warga, pasar, akibat pertemuan dua sungai. Kondisi itu menjadi sumber masalah, dan mengakibatkan meluapnya air ke permukiman warga. 

"Sungai ini dulu pernah kita lakukan pengamanan bantaran tebingnya sepanjang 300 meter. Namun masalahnya persis dijembatan yang telah turun sebelum pasar Cubadak, terdapat pertemuan dua aliran sungai. Nah, saat air meluap kemarin malam, ada potongan kayu tersangkut, sehingga terjadilah penyumbatan yang menyebabkan banjir," terang mantan Bupati Pasaman periode 2010-2015 ini.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, dan air pun cepat surut. Namun Benny Utama menyimpulkan, pertemuan dua aliran sungai itu harus segera ditangani. Lalu, dialihkan dari lokasi sekarang agar permukiman penduduk aman dan terhindar dari banjir.

"Saya lihat upaya normalisasi bisa dilakukan, dengan mengalihkan titik temu aliran air di dekat jembatan itu. Untuk lebih mudahnya, aliran sungai yang lebih kecil, digeser dari posisinya yang sekarang," jelasnya.

Benny mengakui, peristiwa tersebut ia ketahui lewat informasi yang disampaikan oleh salah seorang warga Cubadak, Duokoto, kepada dirinya. Tak butuh waktu lama baginya bisa tiba di lokasi menjumpai warga terdampak bencana. 

"Tadi pagi Saya ditelepon masyarakat Cubadak, bahwa telah terjadi banjir. Jadi dari Padang pagi tadi saya langsung ke sini, ke Dua Koto," ujar Benny Utama.

Salah seorang warga Cubadak, Dilez Koto mengatakan, sebanyak 30 puluh rumah, termasuk kedai (toko) di sekitar pasar Cubadak, direndam banjir akibat luapan sungai setempat. Banjir, baru surut pada sore hari. 

"Alhamdulillah, airnya sudah surut, tadi sore. Namun, banjir menyisakan material lumpur dan merusak sejumlah perabotan dan barang-barang dagangan," ujarnya. (*) 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]