Ya Allah, Ramadhan Segera Tiba


Rabu, 15 April 2020 - 13:10:34 WIB
Ya Allah, Ramadhan Segera Tiba Bustami Narda

ADUHAI...sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan tiba. Bulan ini sungguh sangat kita nanti-nantikan selama sebelas bulan. Kita ummat Islam di seluruh dunia sangat membanggakan bulan ini. 


Oleh: Bustami Narda

 

Tetapi, kini sungguh terasa kedatangan bulan yang penuh maghfirah ini seperti tak ada yang menantikan kedatangannya. 

Ketika saya tanya seorang ibu di kampung saya tentang bulan Ramadhan yang mau datang beberapa hari lagi, tangis ibu ini pecah. 

Selama hidupnya, baru tahun ini dia mengalami persoalan sebelum Ramadhan serumit ini. 

"Saya tak risau menghadapi Ramadhan miskin, karena sudah miskin sejak kecil. Sudah bagaikan air mandian bagi saya kemiskinan ini. Walaupun kemiskinan sekarang sangat terasa keterlaluan. Yang saya risaukan adalah memasuki bulan Ramadhan sambil menghadang maut", kata Ibu bernama Rostina ini terisak, meski hanya dari balik HP. 

Kalau kita renungkan, sungguh sangat mengerikan memasuki bulan Ramahan kali ini. Kita memasuki bulan Ramadhan dalam ancaman  virus corona yang selalu mengintai. 

Tak terbayangkan kalau di bulan Ramadhan nanti tak bisa kita shalat tarawih di masjid kebanggaan kita. Sungguh menyakitkan, tatkala di bulan Ramadhan nanti kita tak bisa i'tikaf di masjid bersama istri, anak, menantu dan cucu. Aduhai...

Akan bertambah remuk lagi perasaan kita, jika tak terdengar lagi nanti takbir dan tahmid di saat hari raya Idul Fitri tiba. 

Bagaimanalah jadinya di hari lebaran nanti, kita merayakan hari kemenangan di tengah kekalahan telak oleh serangan virus corona yang sangat menyesengsarakan. 

Tak ada gunanya lagi kita sesali, keterlenaan  kita ketika melihat sejumlah negara lain telah perang total dengan covid-19 ini, sebelum dia sampai ke negara kita dulu.  Mungkin Tuhan jugalah yang membolakbalikkan hati kita, sehingga kita seperti terkesan terlalu PD menghadapi virus ini di saat di negara lain telah berjatuhan korban. 

Ada kita yang mengatakan, tak bisa virus ini hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Ada yang mengatakan tak akan bisa virus ini menyerang orang Indonesia karena kita telah biasa makan "nasi kucing" dan banyak lagi, banyak lagi. 

Tapi, ya..beginilah kini kenyataannya. Di samping ikhtiar dan usaha tanpa kenal lelah  yang dilakukan oleh pemerintah bersama-sama dengan rakyat, semangat kita tak boleh kendur berdo'a kepada Allah swt, agar secepatnya wabah ini pergi dari dunia ini. Amin..!*

 Sumber : Tulisan dari Bustami Narda /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]