Sat Intelkam Pasaman Terpilih Ikuti Kompetisi Inovasi Layanan Publik Polri


Rabu, 15 April 2020 - 13:13:49 WIB
Sat Intelkam Pasaman Terpilih Ikuti Kompetisi Inovasi Layanan Publik Polri Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, saat melakukan inspeksi mendadak ke ruangan unit pelayanan SKCK Satintelkam Polres Pasaman, Rabu (15/04). foto Dok Humas Polres Pasaman

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Unit Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Satuan Intel dan Keamanan (Satintelkam) Kepolisian Resor Pasaman, Sumatera Barat terpilih sebagai nominasi mengikuti ajang kompetisi inovasi layanan publik yang digelar jajaran Kepolisian Republik Indonesia, pada 2020.

Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman, Sumatera Barat, AKBP Hendri Yahya SE, mengatakan keikutsertaan jajarannya itu merupakan sebuah penghargaan bagi seluruh masyarakat daerah itu, sekaligus sebagai upaya memotivasi kualitas layanan publik bagi seluruh masyarakat, khususnya di bidang layanan pengurusan SKCK secara daring.

"Disamping Polres Pasaman, ada empat wilayah hukum polres lainnya yang diikutsertakan sebagai nominasi,yakni jajaran Polresta Payakumbuh, Polresta Padang, Polres Solok dan Polres Tanah Datar," ungkapnya, di Lubuksikaping, Rabu (15/04).

Ia menambahkan, dalam keikutsertaan kali ini pihaknya berupaya meningkatkan fasilitas infrastruktur pelayanan berupa kelengkapan ruang tunggu seperti alat pendingin udara dan layar monitor serta beberapa kelengkapan pendukung lainnya.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia para pengendali dan petugas pelayanan juga menjadi titik perhatiannya untuk ditingkatkan.

"Kami juga mewacananakan membangun interaksi langsung dengan masyarakat tentang kualitas pelayanan berupa sistem indikator penilaian publik terhadap tingkat kepuasan ketika mendapatkan pelayanan, sehingga data tersebut bisa menjadi salah satu acuan untuk terua berinovasi dalam konteks polisi sebagai pelindung dan pengayom masyarakat," ulasnya.

Terkait situasi pelayanan publik pasca pemberlakuan tanggap darurat Covid-19 oleh pemerintah, ia menjelaskan untuk jumlah pengurusan rata-rata perhari pihaknya menerbitkan sebanyak 5 dokumen.

"Disamping adanya sejumlah pembatasan, jumlah orang yang mengurus dokumen tersebut juga tergantung pada kebutuhan setiap individu masyarakat, dalam pelaksanaan pelayanan tentu saja kami tetap menerapkan sesuai standar protokol kesehatan yang diberlakukan, yakni salah satunya tetap memberlakukan program phisical distancing di seluruh lokasi pelayanan dan markas," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat yang mengurus dokumen SKCK di ruang pelayanan Satintelkam setempat, Eka Sri Rahayu (17), mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan.

"Saya dilayani baik dan ramah, mungkin sedikit masukan agar diberikan fasilitas lainnya yang bisa menambah nyaman dan kemudahan bagi kami seperti komputer khusus pengentrian data diri dan televisi," ucapnya.

Pengunjung lainnya, Gusderi Fianto(30), menambahkan waktu pelayanan yang diberikan juga terasa tidak terlalu lama pasca pemberlakuan pengurusan SKCK secara daring.

"Hanya menunggu 15 menit dan dokumen sudah diperoleh, tinggal bayar sesuai tarif PNBP sebesar Rp 30 ribu saja," tutupnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]