Jempol! Ditengah Dampak Corona, Winda Varesa Pilih Tak PHK Karyawan


Rabu, 15 April 2020 - 15:00:13 WIB
Jempol! Ditengah Dampak Corona, Winda Varesa Pilih Tak PHK Karyawan Winda Varesa

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Upaya yang dilakukan Winda Varesa, pemilik usaha kuliner Boardgamelounge cafe dan frenchise ngopi coklat yuk! ini, untuk mempertahankan puluhan karyawan dan usaha kulinernya ditengah pandemi corona, patut diacungi jempol.

Ditengah kondisi perekonomian yang kian merosot, dan kebanyakan pemilik usaha melakukan PHK atau merumahkan karyawannya, Winda malah enggan untuk melakukan hal tersebut.

Baca Juga : Bank Nagari Dukung Pemkab Solsel Sukseskan Program Nasional P2DD

"Sebagai pemilik usaha yang harus siap menghadapi pasang surut dunia usaha, saya anti PHK-PHK club, saya tidak akan pernah mau membuang orang yang berjasa dalam membangun usaha ini. Mereka (karyawan) yang loyal dan memiliki kapabilitas yang mempuni akan kami pertahankan dan kami carikan jalan bagaimanapun caranya," jelas Winda.

Alumni S2 Biologi Unand ini mengakui sebenarnya turut merasakan dampak ekonomi akibat pandemi korona, omzetnya bahkan menurun hingga 70%. Namun sebagai pemilik usaha yang bertanggung jawab kepada karyawannya ia memilih bertahan dan tetap berjuang.

Baca Juga : Harga Pangan di Pasar Lubuk Buaya Naik, Berikut Daftar Lengkapnya

"Selama ini kita sudah untung, disaat seperti ini kita harusnya turut berperan, membantu sesama. Kalau karyawan dirumahkan mereka akan memperoleh penghasilan darimana?, mereka memenuhi kebutuhannya dari mana?. Saya juga memikirkan itu, loyalitas mereka saat suka dan duka untuk usaha saya akan saya perjuangkan," jelas Winda.

Tak tanggung-tanggung, selain mati-matian mempertahankan penghidupan puluhan karyawannya, Winda juga memberlakukan program gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh wilayah Padang tanpa terkecuali dan menerapkan harga Rp17.000 untuk seluruh menu makanan dan minuman selama bulan ini. Terkhusus bagi pembeli yang berpuasa Winda juga memberikan gratis takjil.

Baca Juga : Pembudidaya Keluhkan Penyakit Ikan, Dinas Pertanian Pangan dan Kelautan Kota Pariaman Beri Tanggapan

"Allah yang mengatur rezeki, semua kita sudah ditetapkan rezekinya. Kita tetap berusaha agar seluruh karyawan tetap punya penghasilan. Dalam rangka meringankan beban masyarakat di Kota Padang yang sedang diimbau untuk dirumah aja, Boardgame memberlakukan GRATIS ONGKIR TANPA SYARAT, dan semua menu dipukul rata hanya Rp17.000. Bagi yang berpuasa, dan memesan menu makanan untuk berbuka ada tambahan takjil gratis juga," ungkap wanita yang juga memiliki usaha kuliner di Pekan Baru ini.

Pada hari-hari biasa menu makanan dan minuman yang dijual di boardgame cafe berkisar antara harga Rp15.000-Rp45.000.

Baca Juga : Duh, Jelang Ramadan Harga Daging Sapi Bikin Menjerit

Menu makanan yang ditawarkan antara lain Nasi turki daging cincang, nasi kampung chicken katsu, nasi goreng ayam geprek, nasi mentega sapi lada hitam, Bimbimbab, nasi ayam batokok lado hijau, capcay, kwetiaw seafood, mie celor, mie kuali, ayam kribo dan lainnya.

Sedangkan untuk menu minuman antara lain blackforest coffe, americano black coffee, chocolate dark, chocolate swiss, chocolate nutella, boom shake, fresh juice dan puch, thai tea, dan masih banyak lagi.

Winda menjelaskan ia turut prihatin atas kondisi pandemi korona yang sedang terjadi saat ini dan ingin turut berperan aktif dalam membantu sesama.

"Disaat yang lain ambil kesempatan dengan menaikkan harga karena banyak yang butuh, kami melakukan yang sebaliknya. Demi kemanusiaan. Kasihan yang di kos dan tinggal di rumah bosan makan telor terus atau ampera, Biar tidak bosan dan tetap bisa makan ala cafe kita berlakukan program ini," terangnya lebih lanjut. (*)

Reporter : Yessi Swita | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]