Bank Nagari Terapkan Teknologi QRIS, Fee Based Income Tembus Rp3 Miliar


Rabu, 15 April 2020 - 16:01:51 WIB
Bank Nagari Terapkan Teknologi QRIS, Fee Based Income Tembus Rp3 Miliar Suasana aktivitas pelayanan di Kantor Cabang Utama Bank Nagari, Jl Pemuda 21 Padang, beberapa waktu lalu.  ATVIARNI

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Baru sebulan dilaunching Bank Nagari, teknologi QRIS (QR Code Indonesia Standard) mendapat sambutan luar biasa. Setiap bulan, Bank Nagari selalu memberikan promo khusus bagi pengguna QRIS Bank Nagari.

QRIS adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang dilakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Bank Nagari bahkan jadi yang pertama di Sumatera yang meluncurkan Nagari QRIS.

Baca Juga : Bank Nagari Dukung Pemkab Solsel Sukseskan Program Nasional P2DD

“Sekarang ada 2.700 merchant yang sudah bekerja sama dengan Bank Nagari. Setiap bulan ada promo yang kita berikan,” Plt Direktur Keuangan Bank Nagari, yang juga merangkap Plt Direktur Kredit dan Syariah serta Plt Direktur Kepatuhan, M Irsyad pada Haluan di kantor Pusat Bank Nagari Jl. Pemuda No.21 Padang, kemarin.

Peningkatan teknologi ini dikatakan M. Irsyad membuat pendapatan non bunga (fee based income) Bank Nagari juga mengalami peningkatan. Sebelum peningkatan teknologi, fee based income paling banyak Rp100 juta - Rp180 juta.

Baca Juga : Harga Pangan di Pasar Lubuk Buaya Naik, Berikut Daftar Lengkapnya

Fee Based Income adalah usaha sebuah bank dalam mencari pendapatan lain di luar pendapatan bunga kredit, salah satunya jalanya adalah dari pendapatan pemberiaan jasa-jasa kepada nasabahnya. Fee Based Income merupakan salah satu jenis pendapatan operasional bank non bunga.

“Namun dengan perbaikan teknologi, Fee Based Income kita langsung melonjak jadi Rp2 miliar per bulan. Sekarang pendapatan kita sudah Rp3 miliar per bulan. Nah, dengan adanya wabah corona saat ini, diharapkan bisa naik  lagi jadi Rp3,5 miliar per bulan,” tambah M. Irsyad lebih jauh.

Baca Juga : Pembudidaya Keluhkan Penyakit Ikan, Dinas Pertanian Pangan dan Kelautan Kota Pariaman Beri Tanggapan

Prinsipnya, menurut M Irsyad, adalah menjadikan teknologi sebagai leading sector perbankan. Tak heran jika saat ini Bank Nagari sudah setara dengan perbankan dari sisi teknologi yang diterapkan, bagi kemudahan transaksi nasabahnya.  (*)

Reporter : Atviarni | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]