Sempat Kontak Langsung dengan Pasien Positif Covid-19, Hasil Rapit Test 34 Warga Kota Pariaman Negatif


Rabu, 15 April 2020 - 16:10:38 WIB
Sempat Kontak Langsung dengan Pasien Positif Covid-19, Hasil Rapit Test 34 Warga Kota Pariaman Negatif Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 34 orang warga Kota Pariaman yang kontak langsung dengan CA positif terpapar covid-19 didaerah itu dilakukan rapit tes dan hasilnya negatif semua.

Sementara Seorang warga yang dinyatakan positif covid-19, asal Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, diisolasi di Gedung Asrama Diklat Balai Pelatihan Kesehatan (bapelkes) Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

"Pasien menjalani menjalani isolasi selama empat belas hari kedepan, dan setelah dilakukan isolasi itu akan diuji swap lagi," kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul di Pariaman, Rabu (15/4).

Syahrul mengatakan kondisi warga yang positif itu dalam keadaan sehat, sama dengan orang lain pada umumnya, atau orang tampa gejala.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

”Kondisinya pasien biasa dan normal, sehat tanpa gejala, bahkan berjalan sepuluh hari berada isolasi, swab akan diambil lagi untuk uji dilaboratorium Unand," ujarnya.

Lebih lanjut Syahrul menyebut,  pasien merupakan petugas Brankar di RSUD Pariaman,  ia diduga terpapar Covid 19, saat membantu menangani TA, pasien Postif Covid 19 dari Kabupaten Padang Pariaman, beberapa waktu lalu. hal itu dikatahui dari hasil Swab Labor yang diterima, karena sebelumnya, pasien CA diperiksa swabnya, karena pernah melakukan kontak dengan pasien Positif Covid 19 asal Kecamatan Sintoga Padang Pariaman.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Agar tidak menular kewarga lainya, petugas  melakukan penyemprotan disinfektan dilokasi tempat tinggal pasien dan daerah sekitarnya. selain itu petugas juga melakukan Rapid Tes, terhadap orang-orang yang melakukan kontak lansung dengan yang bersangkutan.

”Sudah ada 34 orang yang dilakukan Rapid Tes, terutama kepada orang yang pernah kontak lansung dengan pasien dan hasilnya negatif. Namun dalam sepuluh hari kedepan Rapid Tes akan kembali dilakukan, sehingga seluruhnya kini dilakukan isolasi ketat dirumah masing-masing," katanya.(h/hen

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Reporter : Yuhendra | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]