Pemkab Pariaman akan Fokus Kembangkan Tiga Sektor


Rabu, 15 April 2020 - 19:38:39 WIB
Pemkab Pariaman akan Fokus Kembangkan Tiga Sektor Wali Kota Pariaman, Genius Umar

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar memberikan saran jitu saat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan itu secara online melalui teleconference dari Ruang Rapat Wali Kota Pariaman, Rabu (15/4/2020).

Wali Kota Pariaman, Genius Umar setuju seperti arahan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat membuka kegiatan bahwa akan mengembangkan sektor pertanian, ekonomi dan pariwisata. "Dampak dari perencanaan ke depan bisa juga mengenai dampak covid-19 pada tahun ini, maka tahun 2021 tentu mulai ada masalah kesehatan, ekonomi dan jaringan sosial," sebut Genius.

Sektor pertanian sejak dari padi dan lainya harus ditingkatkan, sehingga sektor ini memiki daya ekonomi tinggi. Genius mengatakan, faktor kesehatan memang harus ditingkatkan, sementara dari sektor ekonomi dapat melalui dukungan dari sektor pariwisata. Untuk ini, bagaimana Pemerintah Provinsi dengan kabupaten dan kota memiliki kerjasama yang erat sehingga kinerja pariwisata di tahun depan meningkat dua kali lipat.

Sektor tersebut tentu nantinya akan mampu menampung lapangan pekerjaan baru sehingga masalah kerja dan penanggulangan kemiskinan bisa teratasi serta sektor pariwisata ke depan tentu akan menjanjikan. Khususnya, Kota Pariaman dalam mendukung perekonomian dan pariwisata telah menyiapkan perencanaan pelabuhan penyeberangan Kota Pariaman-Mentawai dan sebaliknya serta Kota Pariaman-Pulau Telo dan sejumlah pulau di daerah Sumatera Utara.

Dengan bantuan Gubernur, nanti pihaknya akan menyurati pusat atau Kementerian Perhubungan secara bersama-sama untuk mendapatkan dukungan tersebut. Dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Pariaman, melanjutkan program satu rumah satu sarjana (saga saja) dengan APBD kota, kalau ada dukungan dari provinsi tentu akan bertambah lebih baik.

Soal bantuan subsidi bagi pelajar SMA, SMK yang ada di Kota Pariaman, terus ditingkatkan, bila ada dukungan dari provinsi tentu sangat berterima kasih. Gubernur Provinsi Sumbar, Irwan Prayitno menanggapi penyampaian Walikota Pariaman, Genius Umar, dari sektor pariwisata yang menjadi proritas bagus untuk meningkatkan pendapatan.
  
Provinsi sangat mendukung dan terkait membangun pelabuhan perlu dibuat kajian yang mantap. Di bidang pertanian, jangan hanya sawah tetapi perkebunan, peternakan, serta perikanan harus ditingkatkan sehingga lebih bisa menambah pendapatan masyarakat. Tentang program satu rumah satu sarjana, pihaknya sudah meminta kepada Kadis Pendidikan Provinsi Sumbar untuk mendukungnya karena ini ide yang bagus. (*)

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]