Nagari Air Haji Tenggara Bentuk Tim Relawan Desa Tanggap Covid-19


Rabu, 15 April 2020 - 19:53:36 WIB
Nagari Air Haji Tenggara Bentuk Tim Relawan Desa Tanggap Covid-19 Walinagari Setempat, Bidan Desa, Babinsa Danramil 02 dan Babinsa Kapolsek Linggo, Organisasi Pemuda dan tokoh masyarakat. (Efrizal)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Nagari Air Haji Tenggara membentuk tim relawan (Desa) di Kecamatan Linggo Sari Baganti dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Serta untuk membangun kesadaran masyarakat secara bersama-sama untuk memutus mata rantai berkembangnya virus Corona. 

Walinagari Air Haji Tenggara, Erdifan Dt. Mangkuto Basa menyampaikan, kegiatan ini merupakan sosialisasi tentang penanganan Covid-19 sesuai instruksi Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dalam mengantispasi penyebaran Virus yang telah melanda kita saat ini. "Pembentukan Relawan Desa Covid-19 adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah pada masyarakat saat pandemi. Sehingga kita harus melakukan langkah antisipasi agar virus berbahaya ini tak menyebar," katanya. 

Untuk itu, Walinagari mengajak masyarakat tetap waspada dan mematuhi imbauan pemerintah, sehingga kondisi ini betul-betul aman. Selain sosialisasi, Relawan Desa Covid-19 juga melakukan serangkaian aksi penyemprotan desinfektan ke berbagai sarana umum yang ada di Nagari tersebut, termasuk mengawasi aktivitas masyarakat, terutama yang baru pulang kampung atau dari daerah lain. 

Erdifan berharap, kepada seluruh masyarakat secara bersama-sama dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus di kampung ini. Begitu juga dengan warga yang masih ada di perantauan, untuk menahan diri dulu tidak pulang kampung buat sementara waktu. "Imbauan ini bukan kita menuduh mereka membawa virus dari tempat tinggalnya. Namun, yang kita khawatirkan virus itu didapatkan ketika dalam perjalanan pulang," jelasnya.

Saat ini, di Nagari Air Haji tenggara (OTG) ada sekitar 70 orang yang baru pulang dari Malaysia, Jakarta, Pekanbaru dan Batam. "Kepada semua orang ini, mereka sudah melakukan isolasi diri selama 14 hari dan sekitar 27 orang sudah selesai tidak ditemukan gejala. Alhamdulillah sehat," tutupnya. (*)

Reporter : Efrizal /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]