Maaf Trump! Inggris Tak Ikutan Stop Pendanaan ke WHO


Rabu, 15 April 2020 - 21:17:52 WIB
Maaf Trump! Inggris Tak Ikutan Stop Pendanaan ke WHO ilustrasi corona di dunia

INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Inggris meyakini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki peran penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Inggris tidak akan meniru langkah Pemerintah Amerika Serikat (AS) menghentikan pendanaan kepada organisasi PBB tersebut.

"Posisi kami adalah Inggris tidak memiliki rencana untuk menghentikan pendanaan terhadap WHO yang memiliki peran penting dalam respons kesehatan skala global," ujar Juru Bicara PM Inggris, Rabu (15/4/2020) waktu setempat.

Sebagai gambaran, awal pekan ini, Inggris mengumumkan akan meningkatkan pendanaan kepada WHO sebesar 65 juta pounds atau setara 81 juta dolar AS. "Covid-19 adalah tantangan global dan penting untuk semua negara bekerja sama mengatasi ancaman ini. Basis kontribusi kami kepada WHO sejalan dengan kebutuhan WHO dan tidak didasarkan pada pendanaan negara lain," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab akan berpartisipasi dalam konferensi tingkat tinggi G7, Kamis (16/4/2020) waktu setempat. Menurut Juru Bicara PM Inggris, Raab yang untuk sementara mengisi posisi Boris Johnson, akan menggarisbawahi perlunya kolaborasi global dalam menangani krisis yang ditimbulkan Covid-19.

"Kami juga akan membahas masalah ekonomi dan mendukung negara-negara yang sedang berjuang," ujar Juru Bicara PM Inggris. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]