Rapat Gabungan Komisi Tidak Dihadiri OPD, DPRD Pasaman Ancam Gulirkan Interpelasi


Kamis, 16 April 2020 - 01:16:54 WIB
Rapat Gabungan Komisi Tidak Dihadiri OPD, DPRD Pasaman Ancam Gulirkan Interpelasi Suasana rapat gabungan komisi-komisi DPRD Pasaman tetap berlanjut meski tidak dihadiri OPD Pemkab Pasaman. (Ist)

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Rapat kerja gabungan Komisi-Komisi di DPRD Kabupaten Pasaman dalam rangka menyikapi perkembangan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di daerah itu tidak dihadiri satu pun Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Sesuai jadwal, rapat gabungan dibagi dalam tiga sesi itu. Sesi pertama dimulai pada pukul 10.00 WIB, menghadirkan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Camat Simpati, Kepala UPT Puskesmas Simpati dan Walinagari Simpang. 

Sesi kedua dan ketiga dimulai pukul 13.30 WIB dan 15.00 WIB, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Pasaman dan Polres Pasaman, Satpol PP, Kantor Kemenag dan MUI Pasaman. 

"Mulai dari tadi pagi hingga sore ini Komisi-Komisi DPRD Pasaman menggelar rapat tidak satupun dihadiri oleh OPD Pemkab Pasaman. Kami pun tidak tahu apa alasan OPD ini tidak datang, padahal rapat ini sangat penting," ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Pasaman, Yulisman dengan geram. 

Yulisman pun mengancam, DPRD akan menggulirkan hak interpelasi (meminta keterangan) atas ketidakhadiran OPD Pemkab Pasaman dalam rapat gabungan komisi-komisi itu. Padahal, undangan rapat sudah disebar dua hari sebelumnya. 

"Ini jadi pertanyaan kami ke eksekutif. Kapan perlu kita pergunakan hak interpelasi kita, itu yang pertama," katanya. 

Pihaknya, kata dia, malah mengapresiasi kehadiran tiga lembaga vertikal di luar Pemkab Pasaman dalam rapat serta sejumlah langkah yang telah dilakukan dalam pencegahan penyebaran virus corona di daerah itu. 

"Kami mengapresiasi instansi vertikal yang sudah berkenan hadir, seperti Polres, MUI dan Kemenag. Ketiga instansi ini memberikan penjelasan tentang langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam penanganan Covid-19 di Pasaman," ujarnya. 

Ketidakhadiran OPD dalam rapat dengar pendapat yang diselenggarakan oleh lembaga legislatif itu, juga disayangkan oleh Wakil Ketua DPRD Pasaman, Danny Ismaya. Sebagai pimpinan rapat dan pengundang rapat ia pun merasa tidak dihargai. 

"Ini menanggapi banyaknya keluhan masyarakat tentang penanggulangan dan pencegahan covid-19 yang dilakukan oleh Pemda Pasaman. Kita mengundang OPD untuk rapat, tapi mereka tidak hadir. Sebagai pimpinan rapat sangat menyayangkan ini," katanya.

Ia menambahkan, salinan hasil rapat tetap akan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman, untuk ditanggapi. Kemudian, kata dia, pihaknya juga akan menjadwal ulang pelaksanaan rapat bersama sejumlah OPD teknis penanggulangan Covid-19. 

"Kami akan memanggil kembali OPD itu dalam waktu dekat untuk rapat kerja gabungan bersama komisi-komisi DPRD," tutup Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pasaman ini. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 22:54:50 WIB

    Dihadiri 2 Kandidat Bacabup, DPC PPP Pasbar Gelar Rapat Konsolidasi Persiapan Pilkada

    Dihadiri 2 Kandidat Bacabup, DPC PPP Pasbar Gelar Rapat Konsolidasi Persiapan Pilkada HARIANHALUAN.COM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan rapat persiapan menghadapi ajang lima tahunan sekali pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, yang dilaksa.
  • Jumat, 24 Februari 2017 - 09:33:54 WIB

    Satgas Saber Pungli Gelar Rapat Kordinasi

    BUKITTINGGI, HALUAN - Setelah dilantik dan dikukuhkan pada tanggal 9 Februari lalu, tim Satuan tugas (Satgas) Sapu bersih Pungutan liar ( Saber Pungli) Kota Bukittinggi, mulai melaksanakan rapat kordinasi terkaid rencana prog.
  • Jumat, 19 Agustus 2016 - 02:53:32 WIB

    LKKS Pasaman Gelar Rapat Perdana

    LKKS Pasaman Gelar Rapat Perdana PASAMAN, HALUAN — Lembaga Koordinasi Ke­sejah­teraan Sosial (LKKS) Kabu­paten Pasaman menggelar rapat kerja (Raker) perdana, usai kepengurusan LKKS itu di SK kan oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, beberapa waktu lalu..
  • Senin, 25 Juli 2016 - 04:04:53 WIB

    Wadan Secata B Rapatkan Barisan dengan Wartawan

    Wadan Secata B Rapatkan Barisan dengan Wartawan PADANG PANJANG, HALUAN — Me­nin­daklan­juti beredarnya isu pengan­caman terhadap sejumlah wartawan di Kota Padang Panjang, terkait pemberitaan kasus dugaan korupsi di Ru­mah Dinas Wali Kota Padang Panjang. Wakil Komand.
  • Kamis, 14 April 2016 - 02:57:11 WIB

    Rapat DPRD Bukittinggi Sering Molor

    BUKITTINGGI, HALUAN — Sering molornya agenda rapat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi, akibatnya para undangan yang sudah hadir harus sabar me­nung­gu..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]