Benarkah Virus Corona Berwarna Merah? Ini Faktanya Menurut Ahli


Kamis, 16 April 2020 - 09:28:35 WIB
Benarkah Virus Corona Berwarna Merah? Ini Faktanya Menurut Ahli Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona ditampilkan dalam berbagai ilustrasi, kerapkali merah ataupun dengan warna-warna lainnya yang kadang mencolok. Akan tetapi kenyataan sebenarnya tidak demikian.

"Meskipun kebanyakan dari ilustrasi tersebut menggambarkan bentuk virus dengan benar, warnanya semua salah," tulis Ethan Siegel, kolumnis sains di Forbes.

Pada kenyataannya, meskipun memakai mikroskop paling kuat sekalipun, virus COVID-19 tidak akan terlihat berwarna-warni, terlebih yang mencolok. Pemberian warna memang semata karena kreativitas, bukan penampakan sebenarnya.

Salah satu ilustrasi populer yang belakangan beredar adalah buatan lembaga pencegahan penyakit Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Seperti terlihat, bagian 'mahkota' berwarna merah tajam.

Gambar tersebut dibuat oleh ilustrator medis Alisa Eckert dan Dan Higgins di pertengahan Januari silam atas permintaan CDC. Mereka mengamati struktur virus corona dan memvisualisasikannya memakai software Autocad.

Warna cerah sengaja dipilih salah satunya untuk memudahkan melihat komponen virus COVID-19. Bagian mahkota yang diwarnai merah itu merupakan gumpalan protein yang memungkinkan virus memasuki tubuh dan mengikat diri ke sel.

Beberapa pihak juga menganggap ilustrasi digital ini, dengan warna merah tajam, membuat virus corona benar-benar terlihat berbahaya. Kenyataannya memang demikian.

Bagian seperti duri itu menurut penelitian di AS 10 sampai 20 kali lipat cenderung mengikat diri ke sel manusia dibandingkan virus SARS yang merebak pada tahun 2002. Itulah yang mungkin membuat COVID-19 menular lebih mudah.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]