Astaga! RS Ini Pungut Rp15 Juta untuk Pengurusan Jenazah Corona


Kamis, 16 April 2020 - 10:43:07 WIB
Astaga! RS Ini Pungut Rp15 Juta untuk Pengurusan Jenazah Corona Ilustrasi

TANGERANG, HARIANHALUAN.COM – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah membenarkan kabar bahwa satu rumah sakit swasta di kotanya memungut uang Rp15 juta untuk pengurusan jenazah pasien corona dari keluarga si pasien pada 14 April 2020.

Padahal, menurut Arief, semua biaya penanganan wabah corona, termasuk pengurusan jenazah pasien, ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Artinya, pasien maupun keluarganya tidak dipungut biaya alias gratis.

Arief mengaku telah memanggil manajemen rumah sakit itu untuk meminta klarifikasi. Berdasarkan pemeriksaan, mereka mengaku tak mengetahui bahwa biaya penanganan wabah Covid-19 ditanggung oleh pemerintah.

“Diketahui ternyata rumah sakit ini mengaku kalau mereka belum paham, begitu pun keluarga korban, kalau penanganan jenazah Covid-19 ini gratis," katanya, Kamis, 16 April 2020.

Keluarga korban, katanya, diketahui hendak memakamkan anggota keluarganya di TPU milik keluarga di kawasan Ciledug. Maka mereka mencari layanan ambulans dari rumah sakit swasta.

Keluarga korban mengira bahwa layanan ambulans milik pemerintah hanya melayani jenazah yang akan dimakamkan di TPU Selapajang, permakaman khusus jenazah-jenazah pasien Covid-19.

Padahal, Arief menegaskan, seluruh penanganan jenazah Covid-19, begitu pun dengan layanan ambulans milik Pemerintah Kota Tangerang, gratis alias tidak dikenakan biaya, dan siap mengatarkan jenazah selain ke TPU Selapajang.

"Ambulans gratis tidak dikenakan biaya dan siap mengantarkan ke TPU yang masih masuk dalam wilayah Kota Tangerang. Masyarakat yang butuh pun bisa hubungi call center 112 dan 119," ujarnya.

Ia juga meminta semua pihak layanan kesehatan untuk tidak menjadikan bencana ini sebagai peluang bisnis dengan mengambil kesempatan dalam kesempitan. Arief sudah menegur manajemen rumah sakit swasta itu, meski tak menghentikan langkah polisi memeriksa petugas-petugas di rumah sakit yang bertanggung jawab.(*)

 Sumber : vivanews.com /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]