Korban Ketidakjujuran Pasien, 10 Petugas IGD RSUD Sawahlunto Dikarantina


Kamis, 16 April 2020 - 12:08:33 WIB
Korban Ketidakjujuran Pasien, 10 Petugas IGD RSUD Sawahlunto Dikarantina Walikota Deri Asta didampingi wawako dan Kalaksa BPBD Sawahlunto saat memberikan keterangan pers. Humas

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Usai merujuk pasien asal Kabupaten Sijunjung ke RSAM Bukittinggi, 10 petugas instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sawahlunto harus menjalani karantina di gedung Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sungai Durian. Pasien asal Sijunjung tersebut dirujuk setelah positif berdasarkan hasil rapid test, namun untuk lebih akuratnya saat ini tengah menunggu hasil swab.

Direktur RSUD Sawahlunto, Ardianof mengatakan, ketidakjujuran pasien terkait gejala penyakit dan juga riwayat perjalanannya, membahayakan tenaga medis yang melayaninya. Tenaga medis tersebut, katanya, rentan akan terpapar Covid - 19.

"Kasus pasien dari daerah tetangga kemarin, mengakibatkan 10 petugas IGD yang menanganinya harus dikarantina, hal itu dikarenakan hasil rapid test yang menunjukkan positif, sementara pasien tidak menerangkan riwayat kesehatan dan perjalannya kepada petugas kala itu," katanya.

Ketidakjujuran pasien, sebutnya, sangat membahayakan petugas di rumah sakit. Untuk itu kepada pasien yang datang atau akan dirawat agar menerangkan sedetail-detailnya saat pemeriksaan kesehatan. Sebab, katanya, akan sangat membahayakan dan membuat tenaga medis mudah terpapar Covid - 19.

"Saat ini menunggu hasil uji swab keluar untuk menentukan apakah pasien dan juga petugas yang menangani kala itu terpapar Corona," katanya.

Sementara Walikota Deri Asta mengimbau masyarakat Sawahlunto untuk tidak resah adanya pasien dari Sijunjung yang terindikasi terpapar Corona. Saat ini pasien tersbeut sudah dirujuk ke Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukittinggi.

"Jangan resah, karena prosedurnya telah dilakukan sesuai dengan SOP yang ditetapkan. Patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Adapun update penyebaran Corona dari posko gugus tugas per Kamis, 16 April 2020 pukul 12.00 WIB, PPT 1279, ODP 19, lepas pemantauan 49 dan PDP 1 hasilnya negatif Covid - 19.(*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]