Ini Keunggulan Jurusan Analisis Kimia Politeknik ATI Padang, yang Bikin Kamu Langsung Kerja di Industri


Kamis, 16 April 2020 - 12:09:51 WIB
Ini Keunggulan Jurusan Analisis Kimia Politeknik ATI Padang, yang Bikin Kamu Langsung Kerja di Industri Foto: Politeknik ATI Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam menentukan jurusan saat Anda ingin kuliah, perlu dipertimbangkan dengan matang. Salah satunya melihat prospek kerja dari program studi (prodi) yang dipilih. Jurusan yang memiliki prospek kerja menjanjikan adalah prodi Analisis Kimia di Politeknik ATI Padang.

Pasalnya, jurusan Analisis Kimia berkomitmen mencetak agar mahasiswa siap pakai di dunia industri mulai dari farmasi hingga industri pangan. Menariknya, saingan saat tes kerja dengan jurusan ini tidaklah banyak sehingga sangat berpeluang bagi Anda yang ingin meraih karier cemerlang.

Lantas, apa saja prospek kerja jurusan Analisis Kimia saat Anda kuliah nanti. Diantaranya, menjadi seorang Pengawas bidang Quality Control dan Quality Assurance, Analisis di labotorium industri kimia, dan Asisten peneliti di laboturium penelitian kimia.

Kemudian, menjadi pengawas dalam pengendalian kandungan kimia limbah industri, hingga menjadi wirausaha dalam bidang pengolahan industri berbasis Agro. Bagaimana, menjanjikan bukan?

Bahkan saat ini jurusan Analisis Kimia Politeknik ATI Padang dengan jenjang pendidikan Diploma III (D-3) sudah menghasilkan lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia. Soal akreditasi tak perlu diragukan lagi, lantaran jurusan ini telah menyandang status akreditasi B.

Nah, untuk keunggulan dan karakteristik dari jurusan Analisis Kimia, yaitu kurikulumnya mengacu pada SKKNI yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan pelatihan kerja, serta pengalaman kerja dalam memberikan pengakuan kompetensi kerja bidang analisis kimia jenjang D-3 Level 5.

Hal ini sesuai dengan visinya "Menjadi Role Model Pendidikan Vokasi Industri Berbasis Kompetensi yang Menghasilkan SDM Industri yang berdaya saing di Bidang Analisis Kimia Tahun 2034”

Tak kalah menariknya lagi, kegiatan praktikum Analisis Kimia Politeknik ATI Padang didukung laboratorium dengan menggunakan alat canggih, diantaranya, laboratorium Intrumen, laboratorium Kimia Organik, laboratorium Pangan, laboratorium Kimia Dasar (anorganik), laboratorium Kimia analitik, aboratorium Komputer, laboratorium Kimia Fisika, laboratorium Mikrobiologi, serta laboratorium Pengolahan Pangan.

Tak hanya itu, guna menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di bidang Analisis Kimia, kampus binaan Kementerian Perindustrian (Kemeperin) RI terus berupaya melaksanakan penelitian industri  kimia terapan yang berorientasi pada plublikasi internasional dan perolehan HAKI.

Apalagi kampus tersebut terus getol menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri dalam rangka meningkatkan kinerja perguruan tinggi.

Itulah prospek kerja dan keunggulan Analisis Kimia yang saat ini masih terbuka lebar, dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin meraih masa depan lebih cerah. (*)

Reporter : Milna Miana / Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]