Kesadaran Masyarakat Rendah, Jorong Diminta Dirikan Pos Pemantau Corona


Kamis, 16 April 2020 - 12:19:24 WIB
Kesadaran Masyarakat Rendah, Jorong Diminta Dirikan Pos Pemantau Corona Ilustrasi virus corona/COVID-19.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Gubernur Sumbar kembali mengeluarkan instruksi agar Bupati Walikota membentuk pos pemantauan pendatang sampai ke tingkat jorong.

"Ini untuk mengawasi masyarakat yang baru datang dan menegaskan agar masyarakat yang baru datang wajib di karantina atau isolasi mandiri di rumah," terang Jasman, kemarin.

Kemudian, Bupati dan Walikota dapat melakukan kuasa pemaksaan dengan melibatkan Polri dan TNI jika ada warga yang ODP tidak mau mengindahkan instruksi tersebut. Karena banyak laporan, bahwa masyarakat yang baru datang ke kampungnya dari daerah terpapar Covid-19 masih tidak taat aturan. Duduk di warung-warung, tidak membatasi jarak dan tidak pakai masker.

"Untuk itu hal ini Gubernur sangat berharap Bupati dan Walikota se Sumbar dapat dengan tegas melaksanakan instruksi Gubernur dimaksud dengan melibatkan semua stakeholder terkait. Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik covid-19 segera berakhir," pungkasnya.

Seperti diketahui, per Rabu (15/4/2020) kemarin, perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya terdapat Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 5.758 orang. Proses pemantauan 712 orang. Selesai Pemantauan 5.046 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 180 orang. Dari 180 PDP tersebut, 38 orang masih dirawat diberbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab, Negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 119 orang dan isolasi diri di rumah 23 orang. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 11:21:57 WIB

    Kesadaran Masyarakat Sawahlunto Terapkan Perda AKB Tinggi

    Kesadaran Masyarakat Sawahlunto Terapkan Perda AKB Tinggi HARIANHALUAN.COM – Setelah lebih sepekan bersosialisasi, Satpol PP Provinsi Sumbar melakukan pemantauan terhadap penerapan Peraturan Daerah Adaptasi Kebiasaan Baru (Perda AKB)..
  • Senin, 18 November 2019 - 14:37:35 WIB

    Kesadaran Masih Rendah, Banyak Warga Payakumbuh Buang Sampah Sembarangan

    Kesadaran Masih Rendah, Banyak Warga Payakumbuh Buang Sampah Sembarangan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah di Kota Payakumbuh masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dengan banyak nya perilaku membuang sampah sembarangan yang dilaku.
  • Ahad, 29 Mei 2016 - 22:15:55 WIB

    Butuh Kesadaran Masyarakat untuk Selamatkan Danau Maninjau

    Butuh Kesadaran Masyarakat untuk Selamatkan Danau Maninjau AGAM, HALUAN -- Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam, Edi Busti, mengatakan, aksi gerakan bersih di Danau Maninjau Kabupaten Agam, yang dilaksanakan, Sabtu dan Minggu berjalan dengan sangat lancar. I.
  • Jumat, 15 April 2016 - 03:19:49 WIB

    Kesadaran Masyarakat Bayar Pajak Tinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN — Kesadaran ma­syarakat untuk membayar pajak kendaraan cukup tinggi di wilayah kerja Samsat Bukit­tinggi. Buktinya, penerimaan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan naik dari priode yang sama t.
  • Jumat, 18 Maret 2016 - 03:45:30 WIB

    PATEN Tingkatkan Kesadaran Warga Mengurus IMB

    PATEN Tingkatkan Kesadaran Warga Mengurus IMB PAINAN, HALUAN — Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), meningkatkan kesadaran warga mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) yang berfungsi untuk hunian. Warga tanpa biaya besar kini telah dapat mengantongi IMB..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]