ODP Terus Naik, Pemerintah Sebut Masyarakat Susah Diatur


Kamis, 16 April 2020 - 14:31:11 WIB
ODP Terus Naik, Pemerintah Sebut Masyarakat Susah Diatur Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, masyarakat harus disiplin melakukan isolasi diri secara mandiri menyusul semakin meningkatnya jumlah orang dalam pemantauan ( ODP) Covid-19.


"Iya masyarakat harus mematuhi isolasi mandiri. Jika terpaksa keluar rumah harus pakai masker," ujar Yuri dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/4/2020).

Yuri lalu mencontohkan penerapan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) di DKI Jakarta. Menurut dia, masyarakat di Ibu Kota belum mematuhi aturan PSBB.

"Jalanan masih ramai. Apakah salah kebijakannya? Apakah salah aturannya?," ujar Yuri.

Berdasarkan update kasus penularan Covid-19 pada Rabu (16/4/2020) jumlah ODP telah mencapai 165.549. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada Selasa (15/4/2020) yang tercatat sebanyak 139.137 kasus.

Sebelumnya Yuri mengatakan, hal yang menjadi perhatian besar adalah ketika mereka yang tergolong dalam ODP hampir tidak merasakan keluhan sakit kemudian berpotensi menularkan virus ketika tidak menjalankan isolasi mandiri dengan baik sesuai protokol kesehatan.

"Ini menjadi perhatian besar karena tidak menutup kemungkinan (orang) masuk dalam pemantauan tidak sakit, sakit ringan tapi dirasakan seakan tidak sakit, berpotensi menjadi sumber penularan, " ujar Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (15/4/2020).

Hingga Rabu, sebanyak 36.431 spesimen sudah diperiksa dan ada 33.001 orang diperiksa terkait Covid-19.

Hasilnya sebanyak 5.136 orang dinyatakan positif Covid-19 dan jumlah negatif sebanyak 27.865.

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 11.165 orang.

Kemudian, yang sudah terkonfirmasi positif mencapai 5.136 melalui pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) yang hasilnya bisa diketahui saat itu juga (realtime). (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]