Kabar Baik! 1,1 Juta Pekerja Sektor Pariwisata Bakal Dapat Kartu Prakerja


Kamis, 16 April 2020 - 14:46:37 WIB
Kabar Baik! 1,1 Juta Pekerja Sektor Pariwisata Bakal Dapat Kartu Prakerja Menparekraf Wishnutama mengaku tengah berkoordinasi dengan Menaker Ida Fauziyah terkait program kartu prakerja untuk sektor pariwisata. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- ⁵Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan sebanyak 1,1 juta pekerja di sektor pariwisata bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program kartu prakerja. Bantuan diberikan di tengah rontoknya industri pariwisata akibat penyebaran virus corona di dalam negeri.

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah terkait fasilitas program kartu prakerja untuk pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain dalam memberikan bantuan kepada pekerja di sektor tersebut.

"Ada 1,1 juta terkait tenaga kerja yang dapat kira-kira bisa mendapatkan kartu prakerja," ucap Wishnutama dalam video conference, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (16/4/2020).

Diketahui, pemerintah sudah membuka pendaftaran gelombang pertama untuk program kartu prakerja sejak Sabtu (11/4) kemarin hingga hari ini pukul 16.00 WIB. Jumlah peserta yang akan diterima pada gelombang pertama sebanyak 164 ribu orang.

Kemudian, peserta yang tak terpilih pada seleksi awal bisa mengikuti gelombang kedua. Secara total, pemerintah akan menyalurkan kartu prakerja kepada 5,6 juta orang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) serta pekerja informal yang pendapatannya tertekan akibat penyebaran virus corona.

Lebih lanjut Wishnutama menjelaskan terdapat 2,1 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pariwisata yang akan dibantu oleh pemerintah. Ia bilang pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk memberikan bantuan tersebut.

Lalu, pemerintah juga sedang mengkaji bantuan untuk pekerja kreatif yang berkaitan dengan seni. Wishnutama akan menggandeng Kementerian Sosial dalam menyiapkan bantuan kepada mereka.

"Kami bekerja sama juga dengan Kementerian Sosial untuk berikan bantuan sosial (bansos) secara langsung. Ini juga sedang dalam perencanaan agar lebih tepat sasaran," terang Wishnutama.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan sejumlah stimulus ekonomi bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tertekan virus corona.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada 'pembantunya' agar pekerja di sektor pariwisata mendapatkan bantuan dari program perlindungan sosial yang digelontorkan pemerintah.

"Perlu stimulus ekonomi untuk pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, ini dibuat agar mereka bisa bertahan dan tidak terjadi PHK besar-besaran," tandas Jokowi. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 11:36:29 WIB

    Kabar Gembira! Sekolah 'Baruak' Dapat Penilaian dari Kemendes PDTT

    Kabar Gembira! Sekolah 'Baruak' Dapat Penilaian dari Kemendes PDTT Tim Verifikasi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendatangi Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman..
  • Kamis, 11 April 2019 - 23:23:50 WIB

    Kabar Surat Suara Tercoblos. Bawaslu: Bukan Hoaks

    Kabar Surat Suara Tercoblos. Bawaslu: Bukan Hoaks JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Kabar temuan surat suara yang sudah tercoblos pada gambar paslon capres-cawapres 01 dan  surat suara pileg yang telah tercoblos untuk caleg DPR dari Partai Nasdem, hampir dapat dipastikan bukan kaba.
  • Kamis, 26 Mei 2016 - 04:50:54 WIB
    Dugaan Korupsi Lahan Pelabuhan Dorak

    Irwan Nasir Mangkir Tanpa Kabar

    Irwan Nasir Mangkir Tanpa Kabar PEKANBARU, HALUAN — Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, tidak memenuhi panggilan penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau. Irwan sejatinya diperiksa sebagai saksi, dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan untuk pem.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]