MUI Tanah Datar Kembali Serukan Shalat Jumat Diganti Zuhur


Kamis, 16 April 2020 - 17:56:42 WIB
MUI Tanah Datar Kembali Serukan Shalat Jumat Diganti Zuhur Afrizon Sekretris MUI Tanah Datar.

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanah Datar kembali mengeluarkan fatwa atau maklumat terkait pelaksanaan shalat Jumat dan fardu berjamaah. Dalam maklumat bernomor 03 itu, masjid, mushalla, dan surau diperbolehkan melaksanakan shalat Jumat dan fardu. Akan tetapi, masjid atau mushalla yang dibolehkan itu tidak berada di kawasan terjangkit Covid-19.

Untuk masjid atau mushalla yang tidak dibolehkan melaksanakan shalat Jumat dan fardu berjamaah yaitunya masjid atau surau yang berada di wilayah perkotaan dan nagari yang berbatasan dengan kawasan terjangkit. Selain itu, masjid dan surau yang terletak dipinggir jalan raya, lingkungan pasar dan masjid atau mushalla yang jemaahnya tidak terpantau dilarang untuk melaksanakan salat Jumat dan fardu berjamaah.

"Sebagai gantinya, masyarakat dapat mengganti dengan shalat zuhur di rumah masing-masing," kata Afrizon Sekretris MUI Tanah Datar.

Meski diperbolehkan, MUI tetap memberikan pembatasan, dimana masjid yang hendak melaksanakan shalat Jumat dan fardu berjamaah tersebut mesti berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim gugus tugas nagari atau kecamatan. Dalam maklumat itu juga ditulis, perantau, pedagang dan mahasiswa yang datang dari daerah terjangkit dilarang ikut dalam shalat Jumat dan fardu berjamaah, kecuali telah melewati masa karantina secara mandiri.

"Masjid yang hendak melaksanakan shalat Jumaat mesti mengkuti protab kesehatan, misal, salat Jumat diikuti jemaah tetap masjid dan tidak bercampur dengan jamaah dari luar, baik jorong atau nagari. Untuk mengetahui jamaah dari luar, tentu pengurusnya lebih tahu dan paham," ungkap Afrizon.

Maklumat bernomor 03 tersebut diterbitkan MUI Tanah Datar dengan menimbang kondisi penyebaran Covid-19, khususnya terkait status warga yang positif, ODP, PDP dan Notifikasi di Tanah Datar. Selain itu, pertimbangan lainnya yaitu telah terpenuhinya unsur uzur syar'i dalam pelaksanaan shalat Jumat dan salat fardu berjamaah di mesjid, musalla atau surau. (*)

Reporter : Feri Maulana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]