5.000 Rumah Tangga Bakal Terima Bantuan Beras


Kamis, 16 April 2020 - 19:28:35 WIB
5.000 Rumah Tangga Bakal Terima Bantuan Beras Proses penimbangan cadangan beras pemerintah di Kota Sawahlunto. Fadil

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Surat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, akhirnya menjawab harapan masyarakat Kota Sawahlunto untuk mendapatkan 100 ton beras gratis yang berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Beras gratis yang sudah masuk ke gudang di Kota Sawahlunto itu, hampir saja tidak bisa dibagikan. Pasalnya, pemerintah pusat hanya memberikan izin pembagian secara gratis, jika daerah sudah berstatus zona merah.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Namun kini, melalui surat bernomor 698/3/BS.01.02/04/2020, yang ditandatangani Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazarudin itu, melakukan revisi terhadap pedoman penggunaan beras berjenis medium tersebut.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-PPA) Sawahlunto, Dedi Syahendri kepada Haluan, Kamis (16/4) mengungkapkan, melalui surat Dirjen tersebut, terbuka bagi Sawahlunto untuk menyalurkan 100 ton bantuan cadangan beras pemerintah tersebut.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

“Alhamdulillah, masalah regulasi yang sebelumnya menjadi halangan untuk pembagian masyarakat itu, sudah teratasi dengan hadirnya surat yang ditandatangani Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial,” terangnya.

Dalam surat tertanggal 15 April itu, dijelaskan beberapa kriteria penerima cadangan beras pemerintah tersebut, mulai warga yang positif atau suspect Covid-19 berserta keluarga, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan keluarga, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan keluarga.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Selanjutnya, warga yang berada di sekkitar korban bencana atau wilayah yang terdampakpenyebaran Covid-19, begitu juga dengan masyarakat dan pekerja sektor informal di wilayah terdampak penyebaran Covid-19. Terakhir penyandang disabilitas di wilayah terdampak penyebaran Covid-19.

Dedi Syahendri mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penimbangan terhadap beras yang akan dibagi tersebut. Direncanakan, 100 ton beras itu, akan disalurkan kepada 5000 rumah tangga.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Masing-masing rumah tangga akan mendapatkan bantuan 20 kilogram beras. Adapun data mereka yang layak menjadi prioritas penerima beras bantuan itu, didapatkan dari usulan pemerintah desa dan kelurahan. (*)

 

Reporter : Fadil Jayusman | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]