Aduh! Mantan Kades di Karawang Ini Ajak 'Petak Umpet' Jaksa yang Akan Mengeksekusinya


Kamis, 16 April 2020 - 19:58:57 WIB
Aduh! Mantan Kades di Karawang Ini Ajak 'Petak Umpet' Jaksa yang Akan Mengeksekusinya Wawan Eka Saputra, mantan Kepala Desa Tanjungsari, berusaha mengelabui jaksa yang akan mengeksekusinya.

KARAWANG, HARIANHALUAN.COM - Wawan Eka Saputra, mantan Kepala Desa Tanjungsari, berusaha mengelabui jaksa yang akan mengeksekusinya. Terpidana kasus pemalsuan dokumen ini sembunyi di balik tembok kamarnya.

"Rupanya terdakwa ini ngumpet di belakang tembok kamarnya," kata Donald Situmorang, Kasi Pidana Umum saat ditemui detik di Mapolres Karawang, Kamis (16/4/2020).

Baca Juga : Kasus Persetubuhan Anak Marak di Kota Duri

Donald bercerita, Wawan merupakan terpidana hukuman 2 tahun penjara. Ia divonis Mahkamah Agung setelah Kejaksaan Karawang melakukan kasasi. Sebab pada 2018 lalu, Wawan divonis bebas oleh Pengadilan Negeri Karawang.

"Saat divonis bebas, kami melakukan kasasi ke MA. Mahkamah Agung lalu menolak putusan pengadilan negeri karawang dalam kasus Wawan," ujarnya.

Baca Juga : Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Tegur Sopir BST, Ini Sebabnya

Namun, kata Donald, Wawan malah kabur dan bersembunyi selama satu tahun. MA menjatuhkan vonis bersalah kepada Wawan Pada 13 Februari 2019 lalu dan Kejari Karawang baru bisa melakukan eksekusi 16 April 2020.

"Meski terpidana sempat buron selama satu tahun lebih tapi kami terus melakukan pengejaran hingga hari ini dia bisa kita tangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," kata Donald, yang sudah mengintai Wawan sejak Bulan November.

Baca Juga : Eksepsi Kuasa Hukum Ditolak, Sidang Kasus Bom Molotov Dilanjutkan

Saat menjabat kades, Wawan diketahui pernah memberikan keterangan palsu dalam akta otentik sebidang tanah di Desa Tanjungsari. Belakangan diketahui tanah itu merupakan wakaf untuk keperluan sebuah masjid. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]