Catat! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka 20 April


Kamis, 16 April 2020 - 20:59:54 WIB
Catat! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka 20 April Pemerintah akan membuka kembali pendaftaran program kartu prakerja gelombang II mulai Senin, 20 April, pukul 08.00 WIB. Pendaftaran ditutup pada 23 April.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah akan membuka kembali pendaftaran program kartu prakerja gelombang II pada Senin, 20 April, mulai pukul 08:00 WIB. Selanjutnya, pendaftaran kartu prakerja gelombang kedua akan ditutup pada Kamis, 23 April pukul 16:00 WIB.

"Gelombang kedua dibuka sejak Senin 20 April pukul 08:00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April, pukul 16:00 WIB," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Kamis (16/4).

Baca Juga : Soal Vaksin Nusantara, Tenaga Ahli Menkes Andani Eka Putra Bocorkan 'Rahasia' Terawan

Saat ini, pemerintah telah menyelesaikan pendaftaran gelombang I yang berlangsung sejak 11-16 April. Airlangga mengungkapkan jumlah peserta yang mendaftar mencapai 5,96 juta orang.

Dari jumlah tersebut, peserta yang lolos verifikasi melalui e-mail sebanyak 4,42 juta orang. Kemudian, jumlah pendaftar yang sudah diverifikasi berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) sebanyak 3,29 juta.

Baca Juga : Soal Vaksin Nusantara, DPR Tuding BPOM Bohongi Peneliti dan Masyarakat

Lihat juga: Slot Kartu Prakerja Gelombang I Naik Jadi 200 Ribu Orang
Dari seluruh proses itu, pemerintah menetapkan jumlah peserta yang lolos untuk program kartu prakerja sejauh ini sebanyak 2,07 juta orang. Namun, baru 200 ribu peserta yang bisa masuk gelombang pertama.

"Untuk tahap pertama ini setidaknya bergabung 200 ribu peserta," ujarnya.

Baca Juga : Waspada! Siklon Surigae Meningkat 24 Jam ke Depan, 9 Provinsi Diminta Siap Siaga

Peserta yang lolos akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS yang akan dikirim mulai 18-20 April. Selanjutnya, peserta yang dinyatakan berhak mengikuti pelatihan gelombang I dapat langsung memilih paket pelatihan melalui delapan mitra kartu prakerja.

Untuk diketahui, setiap peserta akan mendapatkan total insentif bantuan pelatihan sebesar Rp3,55 juta. Dana itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali.

Baca Juga : Kabar Gembira Bagi PNS, THR Dipercepat & Bisa Lebih Besar dari Gaji Pokok

Dalam hal ini, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk program kartu prakerja. Dana itu digunakan untuk biaya pelatihan sebesar Rp5,6 triliun, dana insentif sebesar Rp13,45 triliun, dana survei Rp840 miliar, dan dana project management office (PMO) Rp100 juta. (*)
 

Editor : Heldi Satria | Sumber : CNNIndonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]