Tiga Jorong Terendam, Ujung Gading Pasaman Barat Dilanda Banjir Terparah


Jumat, 17 April 2020 - 00:29:57 WIB
Tiga Jorong Terendam, Ujung Gading Pasaman Barat Dilanda Banjir Terparah Warga di tengah kedalaman air setinggi orang dewasa mencoba menyelamatkan harta benda saat banjir melanda Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (16/04/20). Fadli/harianhaluan.com


PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM--Tiga kejorongan yang ada di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terendam banjir, karena meluapnya aliran sungai Batang Bayang akibat tingginya curah hujan yang mengguyur daerah tersebut, Kamis (16/04/20).

Adapun tiga kejorongan yang terendam banjir tersebut yaitu, Jorong Lombok, Jorong Irian dan Jorong Koto Sawah yang sama-sama berada di Kecamatan Lembah Melintang.

Salah seorang warga Jorong Irian, Yusri saat dikonfirmasi harianhaluan.com melalui telepon selular mengatakan, banjir yang melanda tiga kejorongan di Nagari Ujung Gading tersebut akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Ujung Gading sekitar selama lebih kurang 6 jam.

"Memang daerah ini sudah menjadi langganan banjir saat musim hujan tiba, tapi air sebesar ini baru terjadi kali ini," ujarnya.

Yusri berharap, agar pemerintah daerah dapat memperhatikan masyarakat yang setiap musim hujannya terkena dampak banjir dengan melakukan normalisasi terhadap sungai Batang Bayang yang berada dibelakang kejorongan Irian tersebut.

"Saya berharap kepada pemerintah, agar memperhatikan sungai-sungai yang saat ini datarannya sudah mulai meninggi dengan melakukan normalisasi dan pemasangan bronjong," harap Yusri.

Saat ditanya kondisi saat ini, yusri mengatakan, memang malam ini air sudah mulai surut, namun masayarakat terpaksa dengan keadaan gelap karena padamnya lampu PLN.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Pangeran Yushadi Lubis mengatakan, musibah banjir besar seperti saat ini, belum pernah terjadi sebelumnya meskipun biasanya air akan cepat surut.

"Ini pertama kali terjadi kami mengalami musibah banjir besar  dibandingkan dengan yang terjadi sebelumnya," pungkas Pangeran.

Pangeran berharap, agar pemerintah daerah sigap dan secepatnya menanggapi musibah tersebut, karena bukan hanya setiap tahun saja ini kami alami, tapi juga disaat hujan turun sampai 5 jam maka kami akan menerima dampak banjir," harapnya. (*)

Reporter : Fadli /  Editor : David Rm Bungsu
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]