Kemenkes Minta Dokter Tak Praktik Rutin demi Cegah Penyebaran Corona


Jumat, 17 April 2020 - 12:06:32 WIB
Kemenkes Minta Dokter Tak Praktik Rutin demi Cegah Penyebaran Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Bambang Wibowo mengimbau para dokter dan tenaga kesehatan (nakes) tidak melakukan praktik rutin kecuali dalam keadaan darurat demi menekan penyebaran Virus Corona.

"Mengimbau dokter dan tenaga kesehatan tidak melakukan praktik rutin kecuali emergency (darurat)," ujarnya, Senin (16/4).

Baca Juga : Ketua Satgas Ungkap Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumatra

Berdasarkan keterangan resmi yang didapat CNNIndonesia.com, imbauan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona (Covid-19). Melalui surat Nomor YR03.03/III/III8/2020, imbauan ditujukan langsung kepada seluruh kepala dinas kesehatan provinsi, kabupaten dan kota, serta direktur utama atau kepala rumah sakit.

"Adanya imbauan ini sehubungan dengan ditetapkannya penyakit Covid-19 sebagai pandemi dan semakin meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia," ujar Bambang. "Perlu dilakukan pencegahan penularan kepada dokter dan tenaga kesehatan di rumah sakit, serta pasien yang berkunjung ke rumah sakit."

Baca Juga : Kasus Covid-19 Cenderung Naik, Arus Balik dari Sumatera ke Jabodetabek Diperketat

Selain mengimbau untuk menutup praktik dokter, Bambang juga mengimbau rumah sakit menghentikan sementara pelayanan praktik rutin dan hanya memberikan pelayanan gawat darurat yang memerlukan perawatan segera.

"Rumah sakit menunda pelayanan elektif, dengan tetap memberikan pelayanan yang bersifat gawat darurat dan membutuhkan perawatan segera untuk penyakit-penyakit selain Covid-19,' ujarnya.

Dalam surat imbauan tersebut juga meminta Dinkes baik tingkat provinsi, kabupaten atau kota melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan dan pelayanan rumah sakit agar tetap berjalan.

Terhitung Kamis (16/4) sore, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 5.516 kasus,  496 meninggal dan 548 pasien dinyatakan sembuh. (*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : cnnindonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]