Begini Menjaga Kebersihan Saluran Napas untuk Cegah Infeksi Corona


Jumat, 17 April 2020 - 12:54:33 WIB
Begini Menjaga Kebersihan Saluran Napas untuk Cegah Infeksi Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pencegahan virus corona bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri khususnya tangan. Rajin cuci tangan, menggunakan hand sanitizer, disinfektan, menjaga jarak fisik dan meningkatkan imunitas tubuh.

Namun bukan hanya menjaga kebersihan tangan, menjaga kebersihan saluran napas juga bermanfaat untuk mencegah infeksi virus ini.

Baca Juga : Dokter Maxi: Percepatan Vaksinasi Butuh Peran Seluruh Elemen Masyarakat

"Hidung adalah salah satu jalur utama masuknya penyebab COVID-19 oleh karena itu kebersihan saluran pernapasan sangat penting," ujar Educator & Trainer Mundipharma, Mery Sulastri dikutip dari Antara.

Riset menunjukkan bahwa kandungan iota carrageenan bisa membantu membersihkan saluran napas. Dia mengatakan, sebuah riset menunjukkan, Iota Carrageenan memberikan efek antivirus terhadap sejumlah besar virus yang menyebabkan penyakit pernapasan termasuk common cold dan influenza, termasuk human coronavirus.

Baca Juga : Sumbar 155 Kasus, Jabar dan DKI Terbanyak Penambahan Positif Covid-19 Sabtu Ini

Bahan aktif ini biasanya terdapat di dalam nasal spray.

Selain itu, menjaga kebersihan rongga mulut dan tenggorok dengan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung Povidone-Iodine (PVP-I) juga terbukti klinis mencegah SARS-COV dan MERS-COV.

Baca Juga : Ini Tips Mencegah Dehidrasi Kulit saat Berpuasa

Riset secara in vitro menunjukan indikasi PVP-I skin cleanser 7,5 persen dan PVP-I Gargle and Mouthwash 1 persen efektif melawan SARS COV dan MERS CoV.

"Melihat penelitian secara in vitro yang telah terbukti dari PVP-I, saya yakin metode tersebut efektif untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran virus dari udara atau tetesan yang mengandung virus dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi," kata Mery.

Baca Juga : Wiku: Peniadaan Mudik untuk Cegah Lonjakan Penularan Covid-19

Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi FKUI, Anis Kurniawati mendukung riset ini. Dia mengatakan penggunaan antiseptik dengan aktivitas mikrobisidal yang berspektrum luas, seperti contohnya Povidone-Iodine dapat mendukung dalam mencegah penyebaran infeksi COVID-19.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengimbau masyarakat untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit dan infeksi melalui kebersihan diri dan saluran pernafasan serta keamanan pangan.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : cnnindonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]