Hati-hati! AC Berperan dalam Penyebaran Virus Corona, Ini Hasil Riset di China


Jumat, 17 April 2020 - 16:21:25 WIB
Hati-hati! AC Berperan dalam Penyebaran Virus Corona, Ini Hasil Riset di China Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah studi yang dipimpin oleh Jianyun Lu dari Guangzhou Center for Disease Control and Prevention mengatakan pendingin ruangan atau AC berperan dalam penyebaran virus Corona COVID-19. Mengapa bisa begitu?

Hal ini dikaitkan dengan 10 kasus Corona berbeda di tiga keluarga berbeda saat makan di restoran yang sama di Guangzhou. "Aliran udara yang kuat dari AC bisa menyebarkan droplet," tulis laporan studi tersebut, dikutip dari South China Morning Post pada Jumat (17/4/2020).

Kasus diketahui terjadi pada akhir Januari lalu. Pasien pertama dari 10 kasus yang dipelajari disebut kembali dari Wuhan pada 23 Januari 2020. Wuhan sendiri adalah sumber penyebaran virus Corona pertama sejak akhir Desember 2019. Pasien disebut makan malam bersama dengan tiga anggota keluarga di hari berikutnya.

Baca juga: Benarkah AC Tingkatkan Risiko Infeksi Corona? Ini Kata Profesor UGM
Restoran tersebut dikatakan tidak memiliki jendela dan hanya menggunakan AC untuk mendapat sirkulasi udara. Dua keluarga lain duduk di meja sebelahnya dengan jarak satu meter dengan meja lainnya.

Hari berikutnya, pasien tersebut mengalami gejala Corona seperti demam dan batuk sehingga memeriksakan diri ke rumah sakit. Dalam kisaran waktu dua minggu, sebanyak 9 anggota keluarga yang saat itu berada di restoran yang sama dinyatakan terinfeksi Corona.

"Dari hasil pemeriksaan rute potensial penyebaran, kami menyimpulkan penyebab paling memungkinkan adalah transmisi droplet. Kami menyimpulkan bahwa outbreak ini, penyebaran droplet didukung oleh AC. Faktor kunci dari infeksi adalah arah aliran udara," ungkap peneliti.

"Untuk mencegah penyebaran virus Corona di restoran, kami merekomendasikan melebihkan jarak meja satu dengan yang lain, dan menyediakan ventilasi," tutup keterangan studi tersebut.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 18:58:01 WIB

    Hati-hati! Usus Tak Sehat Dapat Tingkatkan Risiko Infeksi Covid-19

    Hati-hati! Usus Tak Sehat Dapat Tingkatkan Risiko Infeksi Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis diklaim lebih berisiko terinfeksi corona virus. Para ilmuwan memperingatkan bahwa memiliki usus yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terhadap corona .
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 19:45:59 WIB

    Hati-hati! Infeksi Corona Dapat Memicu Radang Tiroid Langka

    Hati-hati! Infeksi Corona Dapat Memicu Radang Tiroid Langka HARIANHALUAN.COM - Para peneliti menemukan bahwa pasien Covid-19 dapat mengembangkan penyakit radang tiroid yang disebut tiroiditis subakut. Ini merupakan penyakit tiroid langka yang ditandai oleh nyeri leher dan biasanya did.
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 10:55:22 WIB

    Hati-hati! Kesepian Selama di Rumah Aja Bisa Pengaruhi Kesehatan

    Hati-hati! Kesepian Selama di Rumah Aja Bisa Pengaruhi Kesehatan HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Isolasi mandiri di rumah aja selama pandemi virus corona Covid-19 juga menyebabkan seseorang merasa kesepian. Padahal, rasa kesepian ini bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh. .
  • Ahad, 26 April 2020 - 20:00:33 WIB

    Hati-hati! Toilet Umum Bisa Menjadi Sumber Penularan Corona

    Hati-hati! Toilet Umum Bisa Menjadi Sumber Penularan Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gaya hidup higienis ketika penyebaran virus covid-19 yang masif dan sulit dikendalikan di Indonesia, bukan lagi menjadi sebuah pilihan. Ini telah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh semua o.
  • Sabtu, 18 April 2020 - 14:10:35 WIB

    Hati-Hati! Paparan Hand Sanitizer Berbasis Alkohol Buruk untuk Anak

    Hati-Hati! Paparan Hand Sanitizer Berbasis Alkohol Buruk untuk Anak HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Pakar kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60% hingga 90% untuk membunuh virus corona jenis baru dipermukaan tangan. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]