Ribuan UMKM di Pariaman Terancam Tutup Gara-gara Corona


Jumat, 17 April 2020 - 18:14:54 WIB
Ribuan UMKM di Pariaman Terancam Tutup Gara-gara Corona Gusniyeti Zaunit

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ribuan UMKM di Kota Pariaman terancam tutup, bahkan ada yang sudah benar-benar tutup, karena terdampak Covod 19.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit, kepada harianhaluan.com, Jumat (17/4-2020), lebih lanjut mengatakan, jumlah tersebut dari hasil survei lapangan yang dilakukan sejak awal April sampai Jumat (17/4), ke 3.664 UMKM.

Baca Juga : Menkes Sebut Perebutan Vaksin Covid-19 di Dunia Semakin Keras

"Ada mendekati 1.000 lebih yang kolap atau tutup dan banyak hampir kolap karena sunyi pembeli," kata Gusni.

Realita itu bisa juga terlihat di pasar-pasar, tempat-tempat wisata dan kedai-kedai warga yang berjualan di depan rumah. Pada awalnya para UMKM itu giat mengembangkan usahanya, perekonomian pun menggeliat, bahkan keberadaan UMKM di kota ini termasuk penopang geliat perekonomian kota.

Baca Juga : Mengaku Nabi ke-26, Warga Net Dukung Polisi Tangkap Paul Zhang

UMKM yang bertahan itu kebanyakan berada pada bidang usaha sembako. Banyaknya UMKM yang tak beraktifitas karena terdampak covid 19 itu, pihak Perindagkop dan UKM sedang berusaha mempersiapkan bantuan seperti 
subsidi sembako.

"Mudah-mudahan nantinya dapat sedikit meringankan beban bagi mereka, dan berharap wabah cepat berlalu dan kondisi normal kembali," kata Kadis Perindagkop dan UKM tersebut.(*)
 

Baca Juga : Hasil Survei LSI: 49 Persen Korupsi PNS Terjadi karena Kurang Pengawasan

Reporter : Trisnaldi | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]