Ramadan di Tengah Pandemi, Kemenag Larang Buka Puasa Bersama


Jumat, 17 April 2020 - 19:05:25 WIB
Ramadan di Tengah Pandemi, Kemenag Larang Buka Puasa Bersama Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama mengimbau masyarakat agar tidak mengadakan acara buka puasa bersama selama bulan Ramadhan 1441 H.

Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, hal itu bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 yang tengah menjadi pandemi.

"Kita menganjurkan agar tidak ada buka puasa bersama yang sering kita laksanakan di kantor-kantor pemerintah, di kantor-kantor swasta, keluarga. Kita mengimbau agar tidak lagi melaksanakannnya," kata Kamaruddin dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Kamaruddin meminta umat Islam untuk mengadakan buka puasa di rumah saja bersama keluarga inti.

Menurut dia, hal ini juga dapat menjadi sebuah berkah, karena kini tak ada alasan kesibukan yang dapat menghalangi berbuka puasa di rumah.

"Mungkin selama ini kita tidak buka bersama dengan keluarga di rumah karena kita sibuk dengan pekerjaan kita sehari-hari, mudah-mudahan Covid-19 ini membawa berkah untuk kita semua," ujar Kamaruddin.

Di samping itu, ia juga meminta umat Islam tidak mengadakan salat tarawih berjamaah di masjid dan mendirikan salat tarawih di rumah saja untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kualitas ibadah kita tidak hanya ditentukan locus di mana kita beribadah tapi yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas ibadah kita ditentukan oleh keikhlasan kita," kata Kamaruddin. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]