NASA Temukan Kembaran Bumi, Pertanda Apa?


Jumat, 17 April 2020 - 19:43:54 WIB
NASA Temukan Kembaran Bumi, Pertanda Apa? Foto letusan Anak Gunung Krakatau. Foto: Space.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pesawat luar angkasa milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Kepler, telah lama mati. Meski begitu, Kepler telah menemukan sebuah planet kembaran Bumi atau Bumi 2.0, dan ilmuwan yang menelitinya masih melakukan pengamatan hingga saat ini.

Dari situs Viva.co.di, Jumat, 17 April 2020, Kepler mati pada November 2018. Meski begitu ilmuwan masih menganalisis data yang dikumpulkan dan menemukan sebuah permata tersembunyi, ialah dunia yang mirip planet kita, yang mungkin saja dihuni alien.

Planet Kepler-1649c mengitari bintang Katai Merah yang jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Satu kali mereka mengorbit sama dengan 19,5 hari di Bumi, menjadikan planet tersebut sebagai zona layak huni. Disebut demikian karena air cair bisa ditemukan di sana.

"Planet yang menarik dan jauh ini memberi kita harapan yang lebih besar bahwa planet seperti Bumi terletak di antara bintang-bintang, menunggu untuk ditemukan," ujar ilmuwan NASA Thomas Zurbuchen.

Pesawat Kepler menggunakan metode transit saat memburu planet, memantau bintang-bintang yang cahayanya meredup karena tertutupi planet yang mengorbit. Ia melakukannya dalam dua fase, dimana misi utama terlaksana hingga 2013. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Viva.co.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]