Diserang Corona, Australia Pilih Social Distancing Selama 1 Tahun


Jumat, 17 April 2020 - 20:02:27 WIB
Diserang Corona, Australia Pilih Social Distancing Selama 1 Tahun Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kehidupan publik Australia kemungkinan akan dibatasi untuk satu tahun lagi karena pandemi virus corona di negara tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Perdana Menteri Australia, Scott Morrison seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Untuk diketahui, sebenarnya terjadi penurunan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Australia hingga beberapa sekolah kembali dibuka.

Australia sejauh ini telah menutup perbatasannya dan memberlakukan langkah-langkah pengelompokan sosial yang ketat selama sebulan terakhir.

Restoran, bar, kegiatan bisnis yang tidak penting lainnya telah ditutup dan pertemuan publik lebih dari dua orang telah dilarang.

Bagi yang melanggar peraturan tersebut, akan berada di bawah ancaman denda dan bahkan penjara.

Tingkat pengangguran

Langkah-langkah pembatasan ini diperkirakan akan menggandakan tingkat pengangguran pada pertengahan tahun.

Hasilnya, angka pertumbuhan harian kasus infeksi baru yang dilaporkan di Australia telah stabil dengan persentase rendah satu digit, dari sekitar 25 persen beberapa pekan lalu, dengan total sekitar 6.500 kasus terinfeksi dan 63 kematian.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan beberapa tindakan, seperti aturan yang mengharuskan orang untuk berdiri setidaknya 1,5 meter, kemungkinan akan tetap selama beberapa bulan, mengingat tidak ada jaminan vaksin akan dikembangkan pada waktu itu. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]