Pandemi Corona, Mulyadi Imbau Sumbar Perketat Pemeriksaan di Bandara


Jumat, 17 April 2020 - 20:47:34 WIB
Pandemi Corona, Mulyadi Imbau Sumbar Perketat Pemeriksaan di Bandara Anggota DPR RI Mulyadi. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI dapil Sumbar II Mulyadi mengimbau pemerintah daerah (pemda) untuk segera berbenah dalam menangani penyebaran virus covid-19 atau corona. Menurutnya peningkatan pemeriksaan para pendatang dari luar daerah juga perlu diperketat di tengah pandemi saat ini.

Seperti halnya peningkatan pemeriksaan di Bandara Minangkabau, Padang Pariaman, Provinsi Sumbar.

"Saat ini kita masih di tengah pandemi virus covid-19 sehingga pemeriksaan masyarakat dari luar daerah menurut hemat saya perlu diperketat oleh pemda," ungkap Mulyadi, Jumat (17/4/2020).

"Saya mendapat informasi bahwa di bandara tidak ada pemeriksaan, kami hanya mengisi formulir untuk ODP. Seharusnya pemeriksaan bisa lebih dari itu," imbuhnya.

Mengetahui hal tersebut, Mulyadi menyayangkan langkah penanganan virus covid-19 di Sumbar. Dirinya tidak ingin Sumbar kecolongan dalam menangani kasus penyebaran virus covid-19 karena lemahnya pengawasan di berbagai jalur masuk orang.

"Kita tidak boleh sampai lengah dalam menangani penyebaran virus covid-19 karena angka penyebaran di Sumbar dan di Indonesia semakin hari semakin naik. Saat ini kita harus berfikiran untuk mengambil langkah-langkah preventif," ujarnya.

Di samping itu, Anggota Komisi III DPR RI Mulyadi juga mendesak agar Pemda Sumbar segera membeli alat rapid test. Menurutnya, di tengah situasi pandemi saat ini alat tersebut sangat diperlukan untuk mengetahui penyebaran virus covid-19 hingga sejauh mana.

"Jika kita sudah punya alat rapid tes, kita sebar ke seluruh tempat jalur masuk orang seperti bandara agar kita bisa meminimalisir penyebaran wabah Covid-19 ini. Jika ada yang positif maka dapat langsung kita tanggulangi, seharusnya seperti itu," tutur Mulyadi.

"Kita juga harus segera melakukan tes secara menyeluruh di masyarakat agar kita tahu penyebaran sejauh mana, setelahnya kita ambil langkah-langkah preventif yang efektif," tandas pria kelahiran Bukittinggi tersebut. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]