Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona


Jumat, 17 April 2020 - 22:52:58 WIB
Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona Facebook Akan Peringatkan Pengguna yang 'Like' Hoax Corona (Foto: Reuters)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Facebook menerapkan kebijakan baru untuk mencegah penyebaran hoax dan misinformasi seputar virus Corona di platform-nya. Kali ini mereka akan memberi peringatan bagi pengguna yang berinteraksi dengan konten hoax tersebut.

Dikutip dari detik.com, Jumat (17/4/2020) peringatan ini akan diberikan kepada siapa saja yang menyukai, bereaksi atau memberikan komentar di konten berbahaya tentang virus Corona yang telah digolongkan Facebook sebagai misinformasi dan telah dihapus.

Peringatan ini akan ditampilkan di News Feed dan akan digulirkan dalam beberapa minggu ke depan. Facebook juga akan menyediakan link yang mengarahkan pengguna kepada mitos seputar COVID-19 yang telah dipecahkan oleh WHO.

"Pesan ini akan menghubungkan orang-orang dengan mitos COVID-19 yang telah dipecahkan oleh WHO termasuk yang telah dihapus dari platform kami karena mengarah pada mencelakai fisik," kata Vice President of Integrity Facebook Guy Rosen dalam postingan blognya.

Setelah WHO menetapkan COVID-19 sebagai krisis kesehatan global pada Januari lalu, Facebook mulai menghapus konten berisi misinformasi di platform-nya. Mereka mengatakan telah menghapus ratusan ribu konten yang bisa mencelakai fisik.

Beberapa konten hoax dan misinformasi yang dimaksud adalah konten yang mengatakan physical distancing tidak efektif atau meminum cairan pemutih bisa menyembuhkan virus Corona.

"Kami ingin menghubungkan orang-orang yang mungkin telah berinteraksi dengan misinformasi berbahaya tentang virus ini dengan kebenaran dari sumber resmi jika mereka melihat klaim ini lagi di Facebook," jelas Rosen.

Facebook sebelumnya pernah menerapkan langkah serupa. Dua tahun yang lalu mereka memberikan notifikasi pada pengguna yang menyukai atau mengikuti halaman yang dibuat oleh Internet Research Agency, troll farm asal Rusia yang mengganggu Pemilu AS 2016. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:19:45 WIB

    Awas! Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin WhatsApp di HP Bermasalah

    Awas! Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin WhatsApp di HP Bermasalah HARIANHALUAN.COM - Para pengguna WhatsApp kini perlu berhati-hati dalam menerima pesan. Pasalnya, ditemukan sebuah pesan aneh yang membuat kinerja aplikasi WhatsApp pada smartphone Android dan iPhone terhenti mendadak ata.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 07:55:08 WIB

    Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Instagram

    Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Instagram HARIANHALUAN.COM - Instagram merupakan salah satu media sosial yang balik digunakan anak muda. Namun waspadalah karena banyak penipu berkeliaran di media berbagi foto milik Facebook ini..
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 18:27:39 WIB

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa'

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Twitter akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk menghapus tweet yang menempatkan orang pada risiko tertular virus corona..
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 09:05:46 WIB

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros JAKARTA, HARIAANHALUAN.COM - Bitdefender, perusahaan cybersecurity dan antivirus menemukan 17 aplikasi mobile yang mengurasi daya baterai ponsel dengan cepat habis..
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 18:06:26 WIB

    Awas! Gara-Gara Masalah Ini WhatsApp Anda Bisa Dihapus

    Awas! Gara-Gara Masalah Ini WhatsApp Anda Bisa Dihapus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengguna layanan chat WhatsApp tak bisa begitu saja abai dengan masa aktif akun WhatsApp mereka. Ini karena pihak WhatsApp bisa saja menghapus akun Anda, karena sudah melewati batas tak aktif.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]