Begini Caranya Agar Terhindar dari Zoom Bombing


Jumat, 17 April 2020 - 23:49:38 WIB
Begini Caranya Agar Terhindar dari Zoom Bombing Ilustrasi penggunaan aplikasi Zoom (Foto: ZDnet)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Zoom bombing adalah masalah pada aplikasi video conference, Zoom. Istilah itu merujuk pada aksi penyusupan hacker pada sebuah pertemuan virtual dengan membajak, mengganggu, mencuri, ataupun mengancam.

Zoom bombing mengegemparkan Indonesia kemarin (16/4/2020). Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantikna) yang jadi korban pertamanya. Takt tanggung-tanggung, si penyusup malah mengirim video tak senonoh yang dilakukan oleh dua pria asing dalam forum diskusi waktu itu.

Lantas, apakah ada cara untuk mencegah zoom bombing?

Dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Jumat (17/4/2020), cara paling ampuh untuk terhindar dari Zoom bombing ialah mengantisipasi sejak awal, sebelum pertemuan virtual dilakukan.

Berikut beberapa tipsnya:

Perbarui Aplikasi Zoom Anda


Ini dilakukan guna mendapat opsi keamanan baru.

Gunakan ID dan kata sandi unik untuk panggilan

Saat Anda membuat akun Zoom, aplikasi akan memberikan Anda Personal Meeting ID (PMI). Ini menjadi kode numerik yang bisa Anda berikan kepada orang-orang ketika Anda ingin bertemu dengan mereka. Namun, kini Anda juga memiliki opsi kedua, yaitu untuk menampilkan ID unik dibandingkan menggunakan PMI Anda.

Diketahui PMI berguna dalam situasi tertentu, seperti pertemuan mingguan dengan kelompok kecil. Ini bisa digunakan berulang kali dan tidak pernah memiliki masa kadaluwarsa, sehingga orang bisa bergabung tanpa harus memburu kode atau tautan untuk masuk.

Namun saat Anda memberikan PMI Anda, maka siapa pun yang memilikinya bisa mencoba masuk ke konferensi Anda kapan saja. Sedangkan ID unik yang berbeda hanya akan muncul setiap kali Anda menjadwalkan pertemuan baru. Terdapat satu lapisan keamanan lagi yang bisa Anda gunakan, yakni kata sandi.

Buat Waiting Room

Dengan Anda membuat Waiting Room maka orang lain tidak dapat menerima panggilan kecuali Anda sebagai host, membiarkannya untuk masuk. Tak hanya satu orang, Anda juga bisa membiarkan beberapa orang sekaligus untuk masuk ke dalam konfrensi tersebut. Ini menjadi cara cukup aman, karena Anda bisa melihat nama dan mengenali orang tersebut terlebih dahulu sebelum mengizinkannya masuk ke konferensi.

Pastikan hanya host yang bisa membagi layar

Jangan biarkan siapa pun membajak layar selama panggilan Zoom. Untuk mencegahnya, pastikan pengaturan Anda menunjukkan bahwa satu-satunya orang yang diizinkan berbagi layar adalah host. Anda juga bisa mengaktifkan pengaturan ini sebelum atau saat panggilan berlangsung.

Buat Invite-Only Meeting

Fitur ini hanya ada pada akun Zoom berbayar, dengan membatasi siapa saja yang bisa bergabung dengan panggilan Zoom Anda dan menjadikannya sebagai undangan khusus.

Itu berarti satu-satunya orang yang bisa bergabung dengan panggilan adalah hanya mereka yang Anda undang, dan mereka harus masuk menggunakan alamat email yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengundang mereka. Tentunya ini memberi Anda lebih banyak jaminan bahwa orang-orang tersebut yang Anda kenal dan yang Anda undang saja.

Kunci meeting setelah dimulai

Jika Anda memulai meeting dan semua orang yang Anda harapkan telah bergabung, maka Anda bisa mengunci meeting tersebut.

Usir atau tahan panggilan seseorang

Sebagai host, Anda memiliki kemampuan untuk mengusir seseorang dari panggilan atau menahan panggilan mereka. Untuk mengusir seseorang, Anda bisa membukan panel peserta di sebelah kanan saat panggilan berlangsung, kemudian arahkan ke atas nama orang yang ingin Anda boot, ketika opsi muncul dan pilih hapus.

Nonaktifkan kamera seseorang

Host dapat mematikan kamera peserta mana pun, bila orang tersebut bersikap kasar atau tidak pantas.

Cegah GIF animasi dan file lainnya di panggilan

Zoom memungkinkan peserta berbagi file, termasuk gambar dan GIF animasi. Namun jika Anda tidak suka melakukannya, Anda bisa menonaktifkan fitur transfer file tersebut.

Kelola siapa yang bisa mengobrol

Jika Anda menerima panggilan Zoom dan mengundang orang asing untuk bergabung, maka Anda bisa menonaktifkan obrolan pribadi. Saat Anda menonaktifkan obrolan pribadi, ini tidak akan memengaruhi obrolan publik yang bisa dilihat dan diikuti oleh semua orang dalam panggilan tersebut. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 10:48:49 WIB

    Gempa Bisa Dideteksi 3 Hari Sebelumnya, Begini Hasil Penelitian Tim UGM

    Gempa Bisa Dideteksi 3 Hari Sebelumnya, Begini Hasil Penelitian Tim UGM HARIANHALUAN.COM - Tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan sistem peringatan dini gempa bumi yang mampu mendeteksi dan memberikan peringatan gempa. Bahkan sistem ini bisa memprediksi terjadinya gempa bumi yan.
  • Sabtu, 26 September 2020 - 16:22:23 WIB

    Boleh Dicoba, Begini Cari Bikin Email Baru di Laptop untuk Bisnis

    Boleh Dicoba, Begini Cari Bikin Email Baru di Laptop untuk Bisnis HARIANHALUAN.COM - Elektronik Mail atau Email, kini semakin memiliki fungsi dan peran yang besar di rahan kehidupan. Tak hanya berguna untuk bikin akun media sosial, tetapi berguna juga untuk mengontrol anak sekaligus melanca.
  • Kamis, 17 September 2020 - 08:11:00 WIB

    Untuk iPhone 6S ke Atas! Begini Lho Caranya Update iOS 14

    Untuk iPhone 6S ke Atas! Begini Lho Caranya Update iOS 14 HARIANHALUAN.COM - Software terbaru untuk iPhone yakni iOS 14, kini telah diluncurkan untuk sebagian besar pengguna. Berbagai pembaruan seperti widget yang ditambah ke home screen, kemampuan nonton video picture in picture, d.
  • Sabtu, 12 September 2020 - 20:33:10 WIB

    Begini Caranya Pelanggan XL Prioritas Dapat Akses Data Tanpa Batas

    Begini Caranya Pelanggan XL Prioritas Dapat Akses Data Tanpa Batas HARIANHALUAN.COM - myPRIO X Unlimited bisa menjadi solusi terbaik bagi para pelanggan XL PRIORITAS untuk mendapatkan unlimited data di semua jaringan, dan unlimited akses ke sejumlah aplikasi favorit. Paket baru ini sudah.
  • Senin, 07 September 2020 - 16:27:44 WIB

    Anti Ribet, Begini Cara Menghubungkan HP Android ke TV

    Anti Ribet, Begini Cara Menghubungkan HP Android ke TV HARIANHALUAN.COM - Pesatnya perkembangan teknologi kini sudah memungkinkan untuk menghubungkan HP Android ke layar yang lebih besar seperti televisi (TV)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]