Begini 2 Jurus Bagi Peserta Tak Lulus Kartu Prakerja Gelombang I


Sabtu, 18 April 2020 - 10:50:05 WIB
Begini 2 Jurus Bagi Peserta Tak Lulus Kartu Prakerja Gelombang I Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengumuman peserta lolos seleksi kartu prakerja gelombang I diumumkan hari ini (18/4) hingga Senin (20/4) lewat via SMS. Sebanyak 200 ribu orang dijadwalkan menerima kabar gembira itu lewat notifikasi SMS secara bertahap selama 3 hari.

Sebanyak 2,07 juta orang dinyatakan lolos program kartu prakerja dari 5,96 juta pendaftar. Lalu, apa yang harusnya dilakukan oleh 3,89 juta orang yang tak mendapat pesan singkat alias dinyatakan tak lolos seleksi dalam gelombang I ini?
 
Menteri Perekonomian Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan peserta tak lolos gelombang I tak perlu mendaftar ulang. Ini artinya, pelatihan juga akan diberikan kepada 1,87 juta orang tersebut meski tak segera.
 
Ada dua tahapan yang perlu dilakukan untuk menerima pelatihan kartu prakerja. Pertama, cek kotak masuk email yang didaftarkan pada program tersebut. Pesan akan dikirimkan lewat email tersebut.
 
Kedua, klik link yang ada dalam pesan tersebut dan pilih pelatihan sesuai dengan jadwal yang ada. Peserta dapat memilih dari gelombang 2,3, dan seterusnya sehingga tak perlu mengikuti proses dari awal.
 
"Namun bagi 1,87 juta orang yang belum ikut dalam gelombang I, tidak perlu mendaftar ulang. Nanti akan diberikan link untuk ikut gelombang II dan seterusnya," ungkap Airlangga.
 
Sementara untuk 200 ribu orang pertama, ia menyebut pelatihan online dapat segera dilakukan sesuai jadwal yaitu dari Senin (20/4). Mereka dapat mengakses 2.055 pelatihan yang disediakan oleh 198 lembaga melalui 8 platform tersedia.
 
Meski dapat mempelajari lebih dari satu keahlian, namun kredit yang disediakan pun terbatas yaitu Rp1 juta. 

Baca Juga : Hari Ketiga Puasa, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Raya Padang Stabil

Lihat juga: Menyoal Kartu Prakerja di Tengah Virus Corona
Setelah peserta selesai mengikuti pelatihan pertama, maka dana insentif akan dikirimkan ke masing-masing rekening peserta. Lalu, peserta akan mendapatkan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.
 
Sebagai informasi, gelombang II kartu prakerja akan dibuka pada Senin, 20 April mulai pukul 08:00 WIB. Selanjutnya, pendaftaran gelombang II akan ditutup pada Kamis, 23 April pukul 16.00 WIB. (*)
 

Editor : Heldi Satria | Sumber : CNNIndonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]