Rabu Besok! Sumatra Barat Mulai Berlakukan PSBB


Sabtu, 18 April 2020 - 14:24:21 WIB
Rabu Besok! Sumatra Barat Mulai Berlakukan PSBB ilustrasi PSBB

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah surat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Sumatra Barat disetujui oleh Menteri Kesehatan RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar langsung melakukan ratas guna menetapkan hari kapan PSBB tersebut dimulai. Dari hasil ratas tersebut, PSBB di Sumbar akan dimulai pada Rabu (22/4/2020) selama dua minggu ke depan. 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai rapat persiapan PSBB Sumbar dengan OPD terkait di Auditorium Gubernur Sumbar, Sabtu (18/4/202) mengatakan, penetapan PSBB tersebut dilakukan setelah ada diskusi dan kajian dengan pihak terkait. Setelah itu, juga dilakukan evaluasi apakah akan diperpanjang atau tidak, sedangkan batasan dan larangan selama PSBB masih dalam pembahasan.

Baca Juga : TSR VII Dharmasraya Bukber dengan Jamaah Masjid Baitul Amanah Panyubarangan

“Direncanakan pada hari Rabu tanggal 22 April kita sudah mulai terapkan PSBB Provinsi Sumbar, untuk masa dua minggu lamanya,” ungkap Irwan Prayitno dalam ratas tersebut. 

Dia menambahkan, hari ini akan dimantapkan konsep penerapan tersebut. Selanjutnya, pada Senin (20/4/2020) mendatang dilanjutkan dengan rapat finalisasi dengan bupati dan wali kota tentang konsep pelaksanaan PSBB Sumbar. "Perlu sosialisasi karena juga ada kewenangan kabupaten dan kota untuk menangani PSBB ini,” ujarnya.

Baca Juga : Mahyeldi Sebut Mendagri Bakal Berkunjung ke Sumbar

Disebut Gubernur, untuk sosialisasi PSBB, sudah mulai dilakukan hari ini, baik itu melalui media sosial, media massa, billboard di seluruh Sumbar, termasuk daerah perbatasan. “Sedangkan regulasinya, saya akan menyurati semua yang terkait seperti hotel, restoran melalui asosiasinya, kemudian mall, tempat perbelanjaan, angkutan umum lewat organda kita surati,” ucapnya. 

Sebelumnya, usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat telah disetujui Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto. Maka, PSBB sudah bisa diterapkan di wilayah tersebut. Keputusan tersebut telah ditetapkan Menkes tanggal 17 April 2020 melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/260/2020.

Baca Juga : Gelombang Laut 4 Meter Diprediksi di Samudera Hindia Barat Bengkulu

Kasus Covid-19 di provinsi tersebut telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus yang signifikan. Oleh sebab itu, PSBB sudah harus ditetapkan di sana dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. PSBB di Sumatera Barat ditetapkan setelah dilakukan proses kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya oleh tim teknis.

“Usulan Pemerintah Sumatera Barat untuk PSBB telah kami setujui, maka tinggal dilaksanakan oleh mereka,” kata dr. Terawan di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (17/4/2020). (*)

Baca Juga : Pelantikan 2 Bupati Terpilih di Sumbar Digelar 26 April 2021

Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]