Masjid Raya Sumbar Ditutup untuk Umum, Adzan Tetap Dikumandangkan


Ahad, 19 April 2020 - 06:09:01 WIB
Masjid Raya Sumbar Ditutup untuk Umum, Adzan Tetap Dikumandangkan Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Provinsi Sumbar, Syaifullah. Foto: Milna 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masjid Raya Sumbar yang berada di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang, Provinsi Sumbar terpaksa ditutup untuk jamaah umum. Hal tersebut diberlakukan sementara dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di provinsi itu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Provinsi Sumbar, Syaifullah saat ditemui Harianhaluan.com, baru-baru ini.

"Untuk saat ini kondisi di Masjid Raya Sumbar ditutup, hanya diperbolehkan adzan, dan tidak dibuka untuk shalat Jumat dan Fardu," sebut Syaifullah.

Meski ditutup, Syaifullah mengaku kesulitan dalam mengontrol masyarakat yang berkunjung ke Masjid Raya Sumbar. Lantaran, merupakan salah satu icon wisata Sumbar sehingga masih banyak didatangi para wisatawan.

Mantan Kepala Bidang (Kabid) Warisan Budaya dan Bahasa Minangkabau Dinas Kebudayaan Sumbar ini mengatakan, saat ini sedang meluasnya virus Corona di Sumbar, dan bahkan diprediksi terjadi 'ledakan' korban Corona pada bulan Mei 2020 nanti, dan akan berakhir pada Agustus 2020.

"Sekarang memang belum ada fatwa dari MUI Sumbar terkait meniadakan shalat tarawih di masjid. Tapi untuk shalat jumat dan fardu sudah ada, untuk masjid-masjid yang tidak terjangkitnya virus kemungkinan bisa dilakukan shalat Jumat," ujar Syaifullah.

Kendati demikian, Syaifullah menegaskan, bagi masjid yang tetap melaksanakan shalat Jumat dan fardu harus bisa menjamin orang dari luar untuk lingkungan masjid. Karena yang diperbolehkan hanya jamaah tetap.

"Jadi masjid harus disterilkan dari orang yang terjangkit agar tak merebak virus Corona," ulas Syaifullah.

Terkait shalat tarawih, sambung Syaifullah, hingga kini pihaknya masih menunggu fatwa dari MUI Sumbar. Jika nanti fatwa tersebut sudah terbit maka akan disesuaikan kondisi sekarang. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]