Hindari 5 Kesalahan Ini saat Keramas, Bikin Rambut Rusak


Ahad, 19 April 2020 - 07:16:13 WIB
Hindari 5 Kesalahan Ini saat Keramas, Bikin Rambut Rusak Ilustrasi: Ada beberapa kebiasaan yang keliru tapi masih saja dilakukan setiap kali keramas, misalnya soal cara membilas juga perkara jenis sampo. (Foto: Istockphoto/Ivanko_Brnjakovic)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Perawatan rambut kelihatannya seperti hal yang mudah. Tapi kenyataannya tak demikian. Sebagian orang masih sering mendapatkan kondisi rambut lepek, bercabang, atau kerusakan lain.

Mencari tahu trik untuk membuat rambut 'bahagia' tak segampang kelihatannya. Salah satu kesalahannya barangkali cara Anda mencuci rambut atau keramas.

Berikut sejumlah kekeliruan yang kerap dilakukan tapi tak disadari justru membuat rambut rusak, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (19/4/2020).

Langsung membilas rambut

Baca Juga : Jakarta Masuk dalam Daftar Kota Termahal Dunia, Ini Penyebabnya


Hal pertama yang biasanya Anda lakukan adalah membasahi rambut dan langsung menggunakan sampo. Ke depan, berhentilah melakukan itu. Ambil jeda setidaknya 30 detik setelah Anda membilas rambut. Baru setelahnya, tuangkan sampo.

Menggunakan air panas

Mandi dengan air hangat adalah salah satu kemewahan. Prosesi ini bukan saja menghilangkan stres melainkan juga membuat rileks. Tapi yang dirasakan rambut akan berbeda.

Air panas akan mengupas minyak rambut sehingga mengakibatkan rambut Anda kering dan dehidrasi. Ini pula yang membuat rambut Anda rentan rusak dan ujung-ujungnya bercabang.

Terlalu sering keramas

Rambut segar dan bersih memang menenangkan. Anda pasti menginginkan minyak-minyak segera lenyap dari rambut. Tapi, terlalu sering mencuci rambut juga bisa berbahaya.

Keseringan keramas akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan membuat rambut Anda kering, kadang juga menjadi keriting dan berisiko bercabang.

Cuci secara berkala dan seperlunya. Beri jarak dua hari, tetapi jangan lebih juga sampai lima hari tak keramas.

Gonta-ganti sampo

Berhentilah berganti-ganti merk sampo. Anda tak perlu melakukan ini. Kecuali memang Anda sedang mengubah rutinitas perawatan rambut. Misalnya, karena Anda baru saja mewarnai rambut maka harus beralih ke sampo yang ideal.

Tapi jika tidak dalam kondisi tersebut, tak perlu bolak-balik ganti sampo.

Sekali bilas

Berapa kali Anda membilas rambut setelah keramas? Sekali bilas? Hentikan kebiasaan tersebut.

Mulailah untuk membilas dua kali. Yang perli Anda lakukan setelah keramas adalah membilas rambut sampai bersih. Bilas dan ulangi lagi prosesnya. Pencucian pertama membilas lapisan debu dan kotoran sementara yang dua untuk membersihkan secara menyeluruh. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : CNN Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]